2019, Kominfo Gelontorkan Rp 38 Miliar Ciptakan Teknisi Handal

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 05 September 2018 - 14:22 WIB

Menkominfo Rudiantara, Selasa (4/9/2018), di sela-sela Rapat Kerja bersama Komisi 1 DPR RI, di Gedung Nusantara II Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta.
Menkominfo Rudiantara, Selasa (4/9/2018), di sela-sela Rapat Kerja bersama Komisi 1 DPR RI, di Gedung Nusantara II Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia akan menggelontorkan dana senilai Rp 38 miliar di tahun 2019, untuk pengembangan sumber daya manusia yang akan diberikan melalui bantuan beasiswa training bagi lulusan SMA dan Vokasi. Tujuannya, pasca training mereka memiliki keterampilan untuk menjadi teknisi yang dibutuhkan perusahaan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dalam mengajukan pagu anggaran tahun 2019 sebesar Rp 5,38 triliun atua mengalami kenaikan 5,8 persen dari sebelumnya Rp 5,08 triliun, di Gedung DPR, Selasa (4/9/2018)

“Pengembangan SDM kita masih terbelakang dibandingkan pengembangan teknologi sendiri. Akibatnya, startup unicorn kita banyak berburu talent dari luar negeri, mayoritasnya India,” kata Menkominfo Rudiantara  

Sebagai awal, Kominfo menargetkan 20.000 orang yang dilatih secara gratis. Syarat dan ketentuan selengkapnya bakal diumumkan ke publik pada 21 September 2018 mendatang. "Pesertanya bisa dari mana saja, yang dari wilayah Timur juga diajak. Tetapi suka atau tidak suka yang paling banyak ada di Jawa," Rudiantara menuturkan.

Ada standar minimum untuk masuk kelas ini. Infrastruktur digitalnya kan juga yang paling banyak ada di Jawa. Kemenkominfo menggandeng lima universitas dalam negeri untuk mengawal training ini. Kerja sama juga dijalin dengan para perusahaan startup agar talenta dalam negeri bisa berkontribusi di ekosistem digital Tanah Air.

Pengembangan SDM ini merupakan bagian dari upaya Kominfo memajukan ekosistem digital di Indonesia. Selain ini, program pemerintah di sektor digital lainnya adalah "1000 Startup", "Nexticorn", "UMKM Go Online", "Petani dan Nelayan Go Online", menggembleng sertifikat digital, serta menyiapkan roadmap e-commerce.

"Kami pemerintah bukan lagi bertindak sebagai regulator, tetapi juga sekaligus menjadi akselerator dan fasilitator," ujarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Senin, 06 Mei 2024 - 05:59 WIB

Menteri Erick Thohir: 26 Tahun Kementerian BUMN, Mari Rayakan Kebersamaan Dengan Terus Berprestasi.

Menyadari pentingnya support keluarga demi meningkatkan produktivitas karyawan di tempat kerja, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar acara Family Gathering di Plaza Keong Mas,…

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Senin, 06 Mei 2024 - 05:36 WIB

Mitraruma Kini Hadir di The Darmawangsa Square, Tawarkan Kitchen Set dan Kabinet Premium

Mitraruma, penyedia one-stop design & build interior untuk kebutuhan kitchen set dan cabinetry di bawah unit bisnis SCG Distribution & Retail Indonesia, PT Kokoh Inti Arebama Tbk, membuka showroom…

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…