Madusari Murni Indah Bangun Pabrik Ethanol Berkapasitas 50 Ribu Kiloliter di Lampung

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 September 2018 - 19:55 WIB

PT Madusari Murni Indah Tbk
PT Madusari Murni Indah Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Emiten industri manufaktur dasar PT Madusari Murni Indah Tbk bangun pabrik ethanol baru dengan kapasitas mencapai 50.000 kiloliter dengan menelan investasi Rp 500 miliar.

"Kami tidak menemui kendala dalam membangun pabrik tersebut. Meskipun, porsi pelepasan saham hanya 15,03% dari target awal sebanyak-banyaknya 20% dari modal disetor dan ditempatkan perseroan," kata Direktur Utama Madusari Murni Indah, Arief Goenadibrata kepada pers di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Arief mengatakan, untuk pembangunan pabrik tersebut pihaknya sudah mendapatkan pinjaman dari perbankan. "Selain dari pinjaman bank, perseroan juga menggunakan dana dari kas internal," kata Arief.

Arief menambahkan, perseroan menggelontorkan investasi total Rp 500 miliar untuk pembangunan pabrik yang berlokasi di Lampung tersebut. "Sebagian besar dana Initial public offering (IPO) dialokasikan langsung untuk pembangunan pabrik," ujarnya.

Madusari Murni Indah resmi melantai di bursa saham domestik dengan melepas 351 juta saham baru atau 15,03% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO. Dengan harga penawaran Rp 580, emiten dengan sandi MOLI tersebut meraup dana IPO sebesar Rp 203,58 miliar.

Dari total saham yang ditawarkan, sekitar 90% diserap investor lokal, dan sisanya sekitar 10% investor asing. Adapun secara tipe investor, sekitar 60 hingga 70% merupakan investor institusi dan sisanya sekitar 30 sampai 40% merupakan investor ritel (perorangan).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI pastikan narasi ini hoax

Rabu, 24 April 2024 - 15:35 WIB

BRI Pastikan Hoax Berita Uang Nasabah Hilang Akibat Bansos Saat Pemilu

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) kembali diterpa hoax. Itu dipastikan narasi di media sosial tidaklah benar.

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Kusnanto Saidi

Rabu, 24 April 2024 - 12:05 WIB

Salah Sebut Data LHKPN Kusnanto Saidi, Ini Kata Pengamat

Muncul pemberitaan Direktur RSUD Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi Dr. dr. Kusnanto Saidi, MARS yang tidak melaporkan harta kekayaan dalam 2 tahun terakhir. Menyikapi hal tersebut, pengamat…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…