PT Sampoerna Agro Dukung Kebijakan Penggunaan B20

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 September 2018 - 10:10 WIB

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)
Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perluasan penggunaan bahan bakar biodiesel 20% (B20) untuk non public service obligation yang diberlakukan mulai 1 September 2019, merupakan upaya pemerintah mengurangi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

Menanggapi hal tersebut, PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) menyatakan dukunganya terhadap kebijakan perluasan penggunaan B20 tersebut. Pasalnya kebijakan tersebut dinilai bermanfaat terutama pada aspek ketenagakerjaan.

"Kami mendukung program pemerintah, terutama melihat manfaatnya pada aspek ketenagakerjaan. Banyak pihak yang diuntungkan, terutama dari negara kita sendiri di mana bisa saving impor dari BBM dan kesempatan untuk menopang nilai tukar rupiah yang sekarang lagi melemah," kata Head of Investor Relation PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO), Michael Kusuma, kepada pers di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Dari segi industri, menurut Michael, tentu akan menyokong pertumbuhan komoditas kelapa sawit di dalam negeri.

"Industri berdampak besar, permintaan dari negara-negara konsumen sawit yang besar di dunia seperti India sudah mulai berkurang. Sementara yang kelebihan pasokan bisa dibantu serapan dalam negeri," kata Michael.

Industri sawit, lanjut Michael, tidak hanya memberikan pemasukan negara melalui ekspor ke negara lain, yaitu devisa, tapi juga memberikan tenaga kerja, karena ini industri padat karya. 

"Selain itu, kepemilikan lahan sawit Nusantara didominasi oleh masyarakat sehingga memberikan dampak positif kepada pelaku usaha," ujar Michael.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekjen Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat memberikan penghargaan industri hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 16 Desember 2019 - 13:02 WIB

Penerapan Industri Hijau Mampu Hemat Energi Sebesar Rp 3,49 Triliun

Berdasarkan data self asessment industri tahun 2018, dapat dihitung penghematan energi sebesar Rp 3,49 triliun dan penghematan air sebesar Rp 228,9 miliar.

(kiri) Direktur Bisnis Komersil BRIsyariah Kokok Alun Akbar

Senin, 16 Desember 2019 - 12:45 WIB

BRI Syariah Tingkatkan Potensi Bisnis Muhammadiyah

Jakarta--- BRIsyariah menandatangani nota kesepahaman bersama PP Muhammadiyah pada 16 Desember 2019. Penandatanganan tersebut dilakukan di Jakarta. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Direktur…

Bluebird Group Gandeng HMD Global Hadirkan Pengalaman Mobile Bagi Pengemudi dan Konsumen

Senin, 16 Desember 2019 - 11:34 WIB

Bluebird Group Gandeng HMD Global Hadirkan Pengalaman Mobile Bagi Pengemudi dan Konsumen

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Bluebird Group akan mendapatkan harga khusus untuk sejumlah tipe smartphone Nokia guna memastikan para pengemudi mendapatkan teknologi yang mereka perlukan…

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah bersama Muhammadiyah

Senin, 16 Desember 2019 - 10:56 WIB

Mandiri Syariah Salurkan Pembiayaan Senilai Rp1,5 Triliun ke Muhammadiyah

Jakarta-PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) perkuat kerja sama dengan Muhammadiyah melalui penyediaan fasilitas pembiayaan senilai total Rp1,5 triliun.

Oppo F11 Pro

Senin, 16 Desember 2019 - 10:18 WIB

Gandeng OkeShop dan Global Teleshop, OPPO Buka 6 Gerai Dengan Konsep Baru di 3 Kota

Dipenghujung tahun 2019, OPPO kian agresif mendekatkan diri kepada konsumenya dengan menggandeng OkeShop dan Global Teleshop untuk menghadirkan toko konsep baru yang dibuka secara serentak pada12…