Cargill Mendapat Pengakuan Pemerintah untuk Pengembangan Sosial Pedesaan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 September 2018 - 17:20 WIB

Cargill Mendapat Pengakuan Pemerintah untuk Pengembangan Sosial Pedesaan
Cargill Mendapat Pengakuan Pemerintah untuk Pengembangan Sosial Pedesaan

INDUSTRY.co.id - Jakarta— Membangun rantai pasokan minyak sawit yang bertanggung jawab di Indonesia dimulai dengan melakukan investasi terhadap komunitas pertanian dan komitmen untuk membangun praktik yang berkelanjutan.

Cargill bekerja sama dengan pemerintah, masyarakat lokal serta mitra LSM untuk mendorong produksi minyak sawit yang bertanggung jawab dan upaya-upaya tersebut memperoleh pengakuan dari pemerintah baru-baru ini. 

PT Hindoli yang mengoperasikan perkebunan sawit seluas 21.000 hektar ini baru saja menerima “Investment Award” dari Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, pada 15 Agustus 2018. Penghargaan yang diberikan dalam acara Forum Investasi Sumatera Selatan ini merupakan pengakuan terhadap upaya luar biasa yang telah dilakukan PT Hindoli selama bertahun-tahun dalam mengoperasikan bisnis yang berkelanjutan, progresif dan bertanggung jawab di Sumatera Selatan.

 Selain itu, pada Juli 2018 PT Hindoli juga menerima penghargaan dari pemerintah provinsi Sumatra Selatan atas upaya pencegahan, monitor dan pengendalian kebakaran yang diterapkan di lokasi perkebunannya di Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin dan Mukut Kabupaten Banyuasin. Berbagai upaya tersebut dijalankan sebagai bagian dari kebijakan nol-pembakaran yang sangat ketat dari Cargill dan sudah berlangsung sejak 2005.

Richard Low, CEO dari Cargill Tropical Palm Holdings Pte Ltd, mengatakan, “Sebagai warga perusahaan global yang bertanggung jawab, Cargill bekerja sama dengan masyarakat di tempat kami beroperasi untuk membangun praktik sosial dan lingkungan yang jelas, serta mengintegrasikan pembangunan yang bertanggung jawab ke dalam rencana operasional di setiap perkebunan kami. Hal ini tercermin dalam inisiatif dan investasi jangka panjang kami untuk meningkatkan produksi pertanian – dengan memberi dukungan di bidang pendidikan, perawatan kesehatan, infrastruktur serta kebutuhan lainnya dari masyarakat lokal.”

Cargill mengelola lebih dari 50 pusat kesehatan dan penitipan anak guna memberikan perawatan kesehatan dan layanan dukungan bagi para karyawan dan keluarganya. Di samping itu, juga secara rutin memberikan bantuan medis di desa-desa sekitar, bekerja sama dengan para dokter dan unit perawatan medis lokal. Karyawan Cargill dan keluarganya tinggal di lebih dari 9.000 rumah yang disediakan oleh perusahaan.

Pendidikan menjadi acuan bagi Cargill dalam melakukan perubahan yang berkelanjutan, dan diwujudkan melalui Yayasan Harapan Masa Depan Cerah (YHMDC) yang dibangun oleh Cargill pada tahun 2012 untuk mengelola sekolah sekaligus menyediakan akses pendidikan di sekitar lokasi perkebunan.

Saat ini, YHMDC mendanai pembangunan gedung sekolah, perbaikan ruang kelas dan fasilitas mengajar, serta mengawasi jalannya 43 sekolah dan fasilitas pengajaran yang terakreditasi secara nasional. Sekitar 5.000 anak Indonesia disekolahkan oleh YHMDC, dan banyak dari mereka yang sukses bersaing di berbagai kompetisi regional, nasional dan internasional. Poliplant Group di Kalimantan Barat juga baru saja menerima penghargaan dari pemerintah Kabupaten Ketapang atas komitmen nol-pembakaran melalui upaya komprehensif dalam mencegah, memonitor dan mengendalikan kebakaran. 

Tahun 2016 bersama dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Cargill meluncurkan Program Desa Bebas Api yang bertujuan memberdayakan masyarakat lokal dalam mencegah dan mengendalikan kebakaran melalui upaya deteksi dan pemadaman, serta monitor dan pencegahan kebakaran.

Termasuk dalam program tersebut adalah patroli untuk memonitor titik api selama musim kemarau, penyediaan perlengkapan pemadam kebakaran yang baru, pemeliharaan aset pemadam kebakaran yang ada saat ini sekaligus petugasnya, serta konstruksi kanal air sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk mengurangi kebakaran.

Melalui program ini pula, berbagai pelatihan telah dilakukan bagi lebih dari 100 penduduk dari 19 desa di kecamatan Air Upas, Marau serta Jelai Hulu dan Kendawangan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pakar gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:39 WIB

Kabar Gembira! Gugus Tugas: Wilayah Zona Hijau Telah Mencapai 99 Daerah

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan kabar gembira terkait jumlah wilayah yang berstatus zona hijau telah mencapai 99 daerah.

Gerbang tol Pandaan

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:29 WIB

Wih...Tol Pandaan-Malang Raih Sertifikat Green Toll Road Indonesia

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan berkelanjutan sejak tahap perancangan, pembangunan, pengoperasian, hingga tahap pemeliharaan.

Bank DKI tetap mampu terus mengeksplorasi potensi yang dimiliki serta terus berinovasi secara digital sehingga dapat menghadirkan paradigma baru bagi warga DKI Jakarta

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:24 WIB

Keren! Kinerja Layanan Bank DKI Terbaik di Kategori BPD

Jakarta-Konsistensi Bank DKI dalam meningkatkan kualitas layanan kepada nasabahnya mendapatkan apresiasi sebagai pelayanan terbaik di kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD)

Diskusi Big Data secara daring (Doc: Wahdah Institut)

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:12 WIB

Peranan Big Data Seperti Apa Ini Ulasannya

Perkembangan teknologi seakan tidak bisa dihindari lagi. Berkat dorongan inovasi dan pengalaman yang panjang, teknologi diharapkan dapat menjadi jawaban untuk membuat hidup manusia menjadi lebih…

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati

Sabtu, 04 Juli 2020 - 08:11 WIB

Wacana Merger Bank Syariah, INDEF: Konsolidasi Harus Tepat dan Hati-hati

Peneliti senior INDEF, Enny Sri Hartati, menganggap bahwa konsolidasi perbankan BUMN harusnya sudah dilakukan sejak dahulu di Indonesia. Namun hingga saat ini tidak pernah direalisasikan oleh…