Bumi Resources Perkirakan Produksi dan Penjualan Batu Bara Tumbuh Delapan Persen

Oleh : Hariyanto | Jumat, 31 Agustus 2018 - 14:56 WIB

Ilustrasi batubara
Ilustrasi batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bumi Resources Tbk memperkirakan pertumbuhan produksi dan penjualan batubara masing-masing sekitar 8 persen sepanjang tahun ini.

Dikutip dari keterbukaan informasi pada Jumat (31/8/2018), perusahaan mencanangkan kapasitas produksi hingga akhir 2018 mencapai 100 juta metrik ton, dengan estimasi produksi berkosar 85-90 juta MT.

Adapun, harga batubara diperkirakan perusahaan meningkat sekitar 5 persen. Oleh sebab itu, BUMN optimistis keuntungan yang besar diperoleh dari tingginya harga batubara dan rendahnya biaya produksi di sepanjang tahun ini. 

BUMI berharap permintaan batubara terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, terutama di Tiongkok dan India. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu produsen batubara thermal terbesar di dunia ditopang oleh kualitas dan cadangan yang signifikan dapat memenuhi permintaan batubara dunia. 

Pada kuartal I 2018, BUMI mencatat laba bersih konsolidasi yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk negatif US$10,7 juta. Penjualan menguat 6% menjadi US$2,474 miliar.

Pada tahun lalu, perusahaan berhasil memperkecil bunga tahunan lebih dari US$250 juta berkat adanya keuntungan restrukturisasi. Struktur permodalan turut sehat meningkatkan pertumbuhan modal sehingga ekuitas menjadi positif. 

Dengan demikian, BUMI berhasil mengantongi laba sebesar US$353 juta sepanjang tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB, Direktur Mandiri Syariah Kusman Yandi serahkan bantuan APD. 

Rabu, 08 April 2020 - 15:11 WIB

Mandiri Syariah Serahkan APD dan Masker kepada RS Rujukan Covid-19

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyerahkan bantuan senilai Rp3,05 miliar berupa 2.500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 100 ribu masker kepada 105 Rumah Sakit rujukan Covid-19 di seluruh…

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio

Rabu, 08 April 2020 - 15:10 WIB

Jurus Jitu Kemenparekraf Atasi Dampak Covid-19 bagi Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan beberapa langkah strategis untuk mengatasi dampak COVID-19 bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air.

Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan

Rabu, 08 April 2020 - 15:00 WIB

Thai Lion Air Mengoperasikan Penerbangan Misi Kemanusiaan Jakarta – Bangkok

Thai Lion Air (kode penerbangan SL) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini penerbangan yang beroperasi melayani misi kemanusiaan dan evakuasi (evacuation and humanitarian assistance)…

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 08 April 2020 - 14:00 WIB

KPM PKH Terima Bansos Tiap Bulan Lindungi Diri dari Covid-19

Kementerian Sosial RI akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi setiap bulan, dari yang sebelumnya empat kali dalam setahun, untuk mengantisipasi dampak…

Xiaomi Store

Rabu, 08 April 2020 - 13:30 WIB

Xiaomi Luncurkan Solusi Belanja dan Perbaikan dari Rumah

Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) memperkenalkan dua layanan konsumen terbaru Mi Shop from Home dan Mi Service from Home.