Semen Baturaja Tbk Bukukan Pendapatan Rp783,8 Miliar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Agustus 2018 - 08:15 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Semen Baturaja Tbk membukukan pendapatan sebesar Rp783,5 miliar, tumbuh 25 persen dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp627,4 miliar.

"Di tengah kondisi harga batubara yang terus meningkat, perseroan mampu melakukan efisiensi melalui program 'cost leadership initiative' seperti menurunkan 'factor clinker' dan optimalisasi Pabrik Baturaja II yang lebih hemat energi," Direktur Utama Semen Baturaja, Rahmad Pribadi dalam paparan publik di Jakarta, Senin (27/8/2018)

Ia menambahkan efisiensi yang dilakukan perseroan pada semester pertama tahun ini turut berdampak pada membaiknya marjin keuntungan dan menjadi yang tertinggi di industri.

"Laba kotor perseroan tumbuh 25,2 persen menjadi Rp237,5 miliar dengan 'Gross Profit Margin' sebesar 30,3 persen sementara rata-rata GPM industry sebesar 28,3 persen," katanya.

Saat ini, Rahmad Pribadi menyampaikan, perseroan memiliki kapasitas produksi semen sebesar 3,85 juta ton per tahun setelah beroperasinya Pabrik Baturaja II yang memiliki kapasitas produksi semen sebesar 1,85 juta ton per tahun pada September tahun lalu.

"Dengan adanya pabrik baru maka Perseroan menargetkan untuk terus meningkatkan volume penjualan untuk meningkatkan utilisasi pabrik yang ditargetkan tahun ini dapat mencapai 60-65 persen dari total kapasitas produksi semen Perseroan," katanya.

Sementara itu tercatat, perseroan membukukan penjualan semen bulan Juli 2018 sebanyak 189.701 ton atau tumbuh 82 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 104.314 ton.

Penjualan semen secara nasional pada bulan Juli mengalami peningkatan sebesar 12 persen dibanding tahun lalu karena Juli tahun lalu terdapat hari raya Idul Fitri sehingga kenaikan pada bulan Juli tahun ini merupakan refleksi dari normalisasi penjualan dari bulan sebelumnya yang terkendala banyaknya hari libur.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.