Semen Baturaja Tbk Bukukan Pendapatan Rp783,8 Miliar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Agustus 2018 - 08:15 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Semen Baturaja Tbk membukukan pendapatan sebesar Rp783,5 miliar, tumbuh 25 persen dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp627,4 miliar.

"Di tengah kondisi harga batubara yang terus meningkat, perseroan mampu melakukan efisiensi melalui program 'cost leadership initiative' seperti menurunkan 'factor clinker' dan optimalisasi Pabrik Baturaja II yang lebih hemat energi," Direktur Utama Semen Baturaja, Rahmad Pribadi dalam paparan publik di Jakarta, Senin (27/8/2018)

Ia menambahkan efisiensi yang dilakukan perseroan pada semester pertama tahun ini turut berdampak pada membaiknya marjin keuntungan dan menjadi yang tertinggi di industri.

"Laba kotor perseroan tumbuh 25,2 persen menjadi Rp237,5 miliar dengan 'Gross Profit Margin' sebesar 30,3 persen sementara rata-rata GPM industry sebesar 28,3 persen," katanya.

Saat ini, Rahmad Pribadi menyampaikan, perseroan memiliki kapasitas produksi semen sebesar 3,85 juta ton per tahun setelah beroperasinya Pabrik Baturaja II yang memiliki kapasitas produksi semen sebesar 1,85 juta ton per tahun pada September tahun lalu.

"Dengan adanya pabrik baru maka Perseroan menargetkan untuk terus meningkatkan volume penjualan untuk meningkatkan utilisasi pabrik yang ditargetkan tahun ini dapat mencapai 60-65 persen dari total kapasitas produksi semen Perseroan," katanya.

Sementara itu tercatat, perseroan membukukan penjualan semen bulan Juli 2018 sebanyak 189.701 ton atau tumbuh 82 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 104.314 ton.

Penjualan semen secara nasional pada bulan Juli mengalami peningkatan sebesar 12 persen dibanding tahun lalu karena Juli tahun lalu terdapat hari raya Idul Fitri sehingga kenaikan pada bulan Juli tahun ini merupakan refleksi dari normalisasi penjualan dari bulan sebelumnya yang terkendala banyaknya hari libur.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…