Christopher & Aldila Raih Emas Tenis Ganda Campuran, Menteri Basuki: Saya Tak Bisa Banyak Berkata, Kecuali Luar Biasa

Oleh : Hariyanto | Minggu, 26 Agustus 2018 - 17:40 WIB

Menteri Basuki bersama Christopher & Aldila
Menteri Basuki bersama Christopher & Aldila

INDUSTRY.co.id - Palembang - Indonesia berhasil menambah perolehan medali emas Asian Games 2018 dari cabang olahraga Tenis pada nomor ganda campuran lewat pasangan Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi di Jakabaring Sport City, Palembang, Sabtu (25/8/2018). 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin turut menyaksikan final pertandingan tersebut, dan juga melakukan pengalungan medali kepada para atlet. 

Pasangan Christopher dan Aldila merebut mengalahkan ganda dari Thailand, Sonchat Ratiwatana/Luksika Kumkhum dengan skor 6-4, 7-5, 10-7. Keberhasilan Christopher dan Aldila mengikuti jejak Yayuk Basuki dan Hary Suharyadi sebagai ganda campuran Indonesia yang merebut emas Asian Games pada tahun 1990.

Usai pertandingan Menteri Basuki selaku Ketua Dewan Pelindung Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti) menyampaikan ungkapan kegembiraannya atas capaian luar biasa dari emas pertama pada cabor tenis. "Saya tidak bisa banyak berkata, kecuali luar biasa. Permainannya sejak kemarin saya ikuti saat melawan India, kemudian hari ini menurut saya ini double mix (ganda campuran) yang luar biasa," kata Menteri Basuki. 

Menteri Basuki menyampaikan apresiasinya kepada Ketua Umum Pengurus Pelti periode 2017-2022 Rildo Ananda Anwar yang juga mantan Inspektur Jenderal Kementerian PUPR atas capaian emas tersebut. Di bawah kepemimpinannya selama satu tahun, Indonesia berhasil kembali memperoleh emas di cabor Tenis. 

"Saat ini Pelti dipimpin oleh orang yang benar-benar tahu mengenai tenis. Langkah awalnya dimulai dengan regenerasi pemain yang muda-muda," ujar Menteri Basuki. 

Peestasi Christo dan Aldila tidak hanya menyumbangkan medali emas kesepuluh untuk kontingen Indonesia, tetapi juga mengisi kekosongan prestasi cabor tenis.  Medali terakhir tenis Indonesia adalah emas beregu putri dan perak ganda putri di Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan. 

Ketua Umum PB Pelti Rildo Ananda Anwar mengatakan, capaian medali emas tersebut terasa spesial untuk cabang olahraga tenis yang tidak diproyeksikan merebut medali emas. “Waktu berangkat kami ditanya, targetnya apa. Kami jawab targetnya medali, dari cabang mix double dan ternyata medalinya yang paling tinggi, emas," ujar Rildo. 

Dikatakan Rildo, torehan medali emas ini merupakan modal awal bagi cabor tenis untuk terus meningkatkan prestasinya di masa mendatang. "Selanjutnya yang penting adalah kaderisasi yang harus kita siapkan. Pemain-pemain U-18 sudah mulai kita latih. Ini capaian luar biasa sejak 28 tahun lalu pada tahun 1990," ungkapnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…