Kemensos Salurkan Bansos Gempa Lombok Rp1,25 Triliun

Oleh : Herry Barus | Minggu, 26 Agustus 2018 - 06:00 WIB

Gempa bumi Lombok NTB (Foti Rizki Meirino)
Gempa bumi Lombok NTB (Foti Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Lombok Barat- Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan sosial tanggap darurat untuk korban gempa bumi di Pulau Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, senilai Rp1,25 triliun.

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasamita, di Lombok Barat, Sabtu malam menyebutkan, bansos triliunam rupiah tersebut terdiri atas bantuan logistik, santunan ahli waris, uang duka untuk relawan yang gugur dalam penangganan korban bencana gempa.

Selain itu, santunan paket kebutuhan pokok beras reguler, peralatan dapur keluarga, bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan pangan nontunai.

"Seluruh upaya tersebut merupakan perwujudan hadirnya negara dalam memberikan perlindungan dan jaminan sosial kepada rakyat yang tertimpa bencana," kata Agus yang dilantik sebagai Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (24/8), menggantikan Idrus Marham.

Ia mengatajan sejak gempa mengguncang NTB pada 29 Juli,  pihaknya telah melakukan langkah-langkah tanggap darurat meliputi pemenuhan kebutuhan dasar yang terdiri atas pemenuhan tempat tinggal sementara, pemenuhan kebutuhan permakanan.

Selain itu, pengerahan tim penanganan terpadu untuk proses pendampingan dan verifikasi data sampai masa tanggap darurat berakhir, serta penyerahan santunan bagi ahli waris korban meninggal.

Dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal sementara, lanjut Agus, telah terdistribusi sebanyak 1.519 tenda gulung, tenda keluarga, dan tenda serbaguna.

Sementara untuk tambahan bantuan penyediaan shelter, Kemensos mengaktifkan klaster nasional pengungsian.

Untuk pemenuhan kebutuhan makanan pemerintah provinsi dapat mengeluarkan cadangan beras pemerintah hingga 200 ton dan tiap kabupaten dapat mengeluarkan 100 ton dari gudang Perum Badan Urusan Logistik.

"Kemensos juga menyalurkan sembako berupa beras dan lauk pauk sebanyak 21.000 paket dan 1.000 paket peralatan dapur keluarga," ujarnya.

Dalam masa tanggap darurat yang berakhir 25 Agustus, kata dia, pemerintah secara bertahap menyalurkan santunan ahli waris korban meninggal untuk 563 orang dengan nilai total Rp8,34 miliar.

Selain korban jiwa, Data Dinas Sosial NTB dan Posko Induk hingga 25 Agustus, tercatat sebanyak 1.116 orang mengalami luka berat/rawat inap, 71.937 rumah rusak dan 417.529 jiwa mengungsi.

"Mereka yang berada di pengungsian diberikan layanan pemulihan sosial, meliputi layanan dukungan psikososial, perlindungan sosial berkelanjutan, dan pengerahan taruna siaga bencana serta pendamping PKH," ucap Mensos Agus.

Menteri dari Partai Golkar ini mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, agar korban bencana harus mendapat prioritas utama, maka Kemensos akan terus memberikan pendampingan dan dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi NTB untuk melaksanakan proses rehabilitasi sosial pascagempa.

"Dengan semangat gotong royong, rela berkorban, dan bekerja ikhlas tuntas, saya mengajak semua pihak bersama-sama turun tangan membantu saudara-saudara kita di NTB, agar bangkit kembali menata hidup dan masa depan," kata Agus. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…