Pertamina EP Temukan Cadangan Minyak Baru di Jawa Barat

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Agustus 2018 - 14:36 WIB

Ilustrasi Pertamina EP
Ilustrasi Pertamina EP

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pertamina EP (PEP), dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah pengawasan SKK Migas, berhasil menemukan cadangan minyak dan gas serta kondensat di area PEP Asset 3 Jatibarang Field, Jawa Barat.

Penemuan cadangan ini oleh anak perusahaan Pertamina melalui pemboran sumur eksplorasi Akasia Maju 001 (AMJ-001).

Sumur AMJ-001 terletak di Desa Bulak Lor, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Sumur yang mulai ditajak pada tanggal 20 Maret 2018 menggunakan Rig PDSI#38.2/D1000-E, diselesaikan pada tanggal 20 Agustus 2018.

Sumur itu dibor hingga mencapai kedalaman 2.517 meter. Uji produksi berhasil mengalirkan hidrokarbon baik minyak ataupun gas. Salah satu uji produksi bahkan mempu mengalirkan minyak hingga 1.700 BOPD. Sementara hasil uji produksi lainnya juga mengalirkan gas dan kondensat.

Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP Achmad Alfian Husein menyebut, program ini merupakan salah satu dari rencana kerja perusahaan di tahun 2018.

"Alhamdulillah segala upaya yang telah dilaksanakan sudah mulai memberikan hasil yang positif, kami meyakini bahwa dengan sinergi serta kerja keras dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian produksi nasional," kata Alfian, Kamis (23/8/2018).

Penemuan ini selain menjadi angin segar bagi PT Pertamina EP, juga membuka peluang eksplorasi yang masih potensial di area yang sudah dalam tahapan matang secara produksi. PT Pertamina EP terus mengevaluasi struktur temuan serta memulai studi untuk mempercepat temuan ini ke tahap pengembangan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Red Hat

Minggu, 05 Juli 2020 - 15:00 WIB

Red Hat Berbagi Lima Langkah Cerdas untuk Telco Service Provider

Transformasi digital dan kesanggupan menghadapi serta mengkapitalisasi disrupsi, terjadi ketika sebuah perusahaan mulai berperilaku tak ubahnya sebuah perusahaan software.

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:46 WIB

Kabar Gembira! Bank Bukopin Luncurkan Beragam Program Deposito untuk Nasabah

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih merebak, Bank Bukopin luncurkan ragam program deposito bagi para nasabah. Bank Bukopin meluncurkan variasi 2 (dua) program produk Deposito untuk…

MenKopUKM Teten Masduki saat mengunjungi pengrajin batik binaan KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera, Rembang.

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:30 WIB

MenkopUKM Dorong KSPPS BMT BUS Rembang Garap Sektor Pertanian dan Kelautan

MenKopUKM berharap BMT BUS mengembangkan UMKM di sektor pertanian dan kelautan. Menurutnya, pertanian dan kelautan masih dikuasai 96 persen UMKM, sehingga memiliki potensi besar untuk digarap…

Senam Senjata Cara Prajurit Satgas Puter XXIII Wiltim Jaga Kebugaran Tubuh

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:30 WIB

Senam Senjata Cara Prajurit Satgas Puter XXIII Wiltim Jaga Kebugaran Tubuh

Dalam rangka memelihara kebugaran dan meningkatkan kekuatan fisik, prajurit Pasmar 2 Korps Marinir yang tergabung Satgas Puter XXIII Wiltim melaksanakan senam senjata di Pos Pulau Batek, Kupang,…

Kartu Prakerja

Minggu, 05 Juli 2020 - 14:17 WIB

Waduh Pemerintah Akhirnya Menghentikan Pelatihan Kartu Prakerja, Kenapa Ya?

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) Astriana B Sinaga menyebut penghentian pelatihan kartu prakerja ini sesuai dengan persepsi masyarakat yang terpotret dalam…