Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)
Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan sebanyak 3,52 juta selama periode Januari-Juli 2018.

"Setelah Tiongkok, disusul Australia dan India masing-masing sebesar 18,8 persen dan 6,3 persen," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di Denpasar, Senin (20/8/2018) .

Tingginya wisatawan dari negeri dengan ikon panda itu di Bali seiring dengan makin banyaknya rute penerbangan langsung yang dilayani dari sejumlah kota di Tiongkok ke Bali.

Yanus menjelaskan total perolehan wisatawan mancanegara selama tujuh bulan tahun ini melonjak dibandingkan periode sama tahun sebelumnya mencapai 7,32 persen. Sedangkan untuk Juli tahun ini, lanjut dia, total kedatangan wisatawan mancanegara yang dilayani mencapai 635.578 wisman, naik sebesar 13,4 persen dibandingkan Juli tahun 2017.

Wisatawan dari China juga mendominasi kedatangan selama Juli 2018 mencapai 150 ribu orang.

Dalam Catatan Antara wisatawan dari Prancis, menjadi negara dengan penumpang paling tinggi pertumbuhannya tahun ini mencapai 28.432, atau melonjak 65,8 persen dibanding dengan periode pencatatan yang sama tahun lalu.

Jumlah wisman yang meningkat tersebut diperoleh saat bersamaan dengan proyek pengembangan bandara menjelang pelaksanaan pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, Oktober 2018.

Artinya meski ada proyek pengembangan bandara, namun tidak mengganggu arus kedatangan wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata. Saat ini kontraktor dari BUMN tengah mengebut pengerjaan proyek bandara di antaranya untuk pengerjaan apron timur, barat hingga terminal VVIP.

Pengerjaan proyek itu untuk mengakomodasi tingginya jumlah delegasu pertemuan IMF dan Bank Dunia yang diperkirakan mencapai sekitar 15 ribu orang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.