Bulog Palu Jaga Pasok Daging Kerbau untuk Kestabilan Harga

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 12:21 WIB

Daging Sapi (ist)
Daging Sapi (ist)

INDUSTRY.co.id - Palu- Kepala Bidang Komersial Perum Bulog Sulawesi Tengah, Gutomo mengatakan pasokan daging kerbau beku yang dilakukan BUMN itu semata-mata untuk menjaga kestabilan harga daging sapi di pasaran setempat.

"Daging kerbau beku yang kami datangkan beberapa waktu lalu bukan untuk dijual di pasar-pasar tradisional, karena hal itu bisa berdampak negatif bagi pedagang daging sapin segar," katanya di Palu, Senin (20/8/2018)

Bulog, kata dia, diberi tugas oleh pemerintah sebagai stabilisator harga pangan di daerah-daerah, termasuk di Provinsi Sulteng.

Sebagai BUMN yang mendapat penugasan pemerintah dalam menangani dan mengamakan stok dan harga komoditi-komoditi pangan di daerah, tentu berpaya keras menjaga kestabilam harga di tingkat petani maupun pengecer.

Artinya, harga pangan di tingkat petani jangan sampai jatuh.Begitu halnya harga pangan di tingkat pengecer jangan sampai naik melebihi standar harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Salah satu komoditi pangan yang telah ditetapkan standar harga eceran tertinggi (HET) adalah daging sapi dan daging kerbau. HET daging sapi beku ditetapkan pemerintah sebesar Rp80.000/kg dan daging kerbau Rp80.000/kg.

Sementara harga daging sapi segar dijual para pedagang di pasar-pasar tradisional di Kota Palu saat ini berkisar Rp110.000/kg.

Harga daging sapi segar di tingkat pedagang terbilang normal.

"Tapi pada waktu-waktu tertentu seperti menjelang hari raya, biasanya harga daging segar bergerak naik," kata dia.

Namun, kenaikan harga daging sapi segar di pasaran Kota Palu masih pada batas kewajaran sehingga pemerintah daerah tidak pernah melaksanakan operasi pasar khusus untuk dagaing sapi segar karena harga masih pada ambang batas toleransi.

Bulog Sulteng mengambil kebijakan dalam rangka menjaga stabilisasi harga daging di pasaran dengan mendatangkan daging kerbau beku langsung dari India sebagai negara penghasil kerbau terbesar di pasar internasional.Dan daging kerbau cukup laris dijual di Kota Palu meski baru dipasarkan oleh Bulog, namun permintaannya cukup tinggi.

Beberapa waktu lalu, kata Gutomo, Bulog Sulteng memasok sebanyak enam ton daging kerbau beku asal India dan saat ini sudah terjual cukup banyak, tanpa merincinya.

Jika stok sudah menipis, pihaknya, kata dia akan mendatangkan kembali daging kerbau beku untuk memenuhi kebutuhan pasar di Kota Palu dan kabupaten sekitarnya seperti Donggala dan Sigi.

Penjualan daging kerbau beku oleh Bulog dilakukan melalui RPK (Rumah Pangan Kita) dan langsung ke hotel,restoran dan juga para pedagang bakso.

Di Sulteng, ternak kerbau selama ini biasanya disembeli upacara adat atau kematian khusus bagi kalangan komunitas orang Toraja.

Kalau dijual bebas seperti daging sapi tidak ada.Jadi yang menjual daging kerbau sekarang ini hanya Bulog. Itupun dijual hanya melalui RPK, hotel, restoran dan pedagang bakso (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…