Program SMN Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 Agustus 2018 - 13:43 WIB

Dirut Bank BNI Achmad Baiquni (Foto Rizki Meirino)
Dirut Bank BNI Achmad Baiquni (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI), Achmad Baiquni menyatakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tujuan dari program ini adalah siswa mengenal saudara-saudaranya yang ada di nusantara, baik yang berada ujung barat Indonesia maupun ujung timur Indonesia serta wilayah lainnya di seluruh Tanah Air," katanya usai menjadi inspektur upacara peringatan ke-73 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Banda Aceh, Jumat (17/8/2018)

Dalam memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia BNI menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Kantor BNI Cabang Banda Aceh dengan turut serta perserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri yang berasal dari Papua.

Ia menjelaskan, melalui program tersebut juga dapat mempertemukan peserta dari seluruh penjuru Tanah Air baik dari ujung barat ke ujung timur dan ujung timur ke barat serta dari ujung selatan ke utara.

"Kita terus berupaya kegiatan SMN ini akan digelar secara berkelanjutan sebab melalui program ini semua dapat mengenal adat dan budaya saudara-saudara yang ada di provinsi lainnya yang ada di Indonesia," katanya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, Dian M Noer yang menyatakan dalam program SMN BUMN Hadir Untuk Negeri di Aceh, peserta yang berasal dari Aceh berangkat ke Papua dan dari Papua ke Aceh.

"Semua peserta tinggal di rumah masyarakat dalam rangka belajar budaya dan adat istiadat serta mengenal alam yang ada di daerah yang menjadi tujuan dari program SMN," katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, dengan beradaptasi langsung dengan masyarakat para peserta dapat mengenal dengan baik terhadap adat, budaya yang ada di masyarakat sehingga dengan program tersebut akan memperkaya wawasan setiap individu terhadap keberagaman yang ada di Tanah Air.

"Kita juga akan berupaya program ini akan terus berlanjut karena menjadi salah satu wahana dalam menyadarkan generai muda khususnya akan keberagaman yang ada di setiap wilayah," katanya.

Usai melaksanakan upacara peringatan Hut ke-73 Kemerdekaan RI, para peserta, Dirut BNI, Dirut Surveyor Indonesia serta tamu undangan juga larut dalam alunan lagu yang dipersembahkan oleh peserta SMN BUMN Hadir untuk negeri dari Provinsi Papua. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra.

Selama berada di Provinsi Aceh, sebanyak 35 peserta SMN BUMN Hadir Untuk Negeri yang berasal dari Papua telah mengikuti serangkaian kegiatan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu, diantaranya kegiatan bela negara, mengunjungi museum Aceh, museum tsunami, PLTD Apung, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Selanjutnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, belajar tarian dan kue tradisional Aceh di Gampong Wisata Nusa Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar dan peserta dari ujung timur Indonesia itu berkesempatan mengunjungi titik nol Indonesia bagian barat yakni Nol Kilometer, Sabang.

Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT. Surveyor Indonesia (Persero) sebelumnya juga telah memberangkatkan sebanyak 26 siswa-siswi dari 23 kabupaten/kota se-Aceh untuk mengikuti rangkaian kegiatan SMN di Papua.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yusril Ihza Mahendra

Rabu, 08 Mei 2024 - 06:23 WIB

Ketum PBB Yusril : Prabowo-Gibran Harus Revisi UU atau Terbitkan Perppu Jika Mau Tambah Kementerian

Pakar Hukum Tata Negara, Prof Yusril Ihza Mahendra, menanggapi isu presiden terpilih, Prabowo Subianto, yang ingin menambah nomenklatur kementerian. Beredar kabar jumlah nomenklatur kementerian…

Prajurit Yonmarhanlan VI Evakuasi Korban Bencana Longsor

Rabu, 08 Mei 2024 - 06:17 WIB

Prajurit Yonmarhanlan VI Evakuasi Korban Bencana Longsor

Satgas Penanggulangan Bencana (Gulben) Lantamal VI Makassar bersama Tim SAR Gabungan TNI, POLRI dan Basarnas menemukan Korban tenggelam akibat Bencana Alam dan Tanah Longsor di Kecamatan Suli,…

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 05:41 WIB

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024

Jakarta – Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan…

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:18 WIB

103 Warga Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Tiga Desa Terisolir Berhasil di Evakuasi

Sebanyak 103 orang yang terdiri lansia, anak-anak dan warga yang sakit berhasil di evakuasi dari tiga Desa terisolir seperti Desa Rante Balla, Desa Pajang dan Desa Tibusan Kecamatan Latimojong,…

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Rabu, 08 Mei 2024 - 04:13 WIB

Panglima TNI Hadiri Undangan Pelayaran Wisata Kehormatan (Barge Tour) Komandan USINDOPACOM.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berkesempatan memenuhi undangan pelayaran wisata kehormatan (Barge Tour) yang diselenggarakan oleh Komandan USINDOPACOM Admiral Samuel J Paparo,