Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi
Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

INDUSTRY.co.id - Purwokerto- Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor Suwarto.

"Saya kira dari segi pemerataan pembangunan, saya amati cukup bagus karena  di beberapa daerah luar Jawa, pembangunan kelihatannya sudah berkembang pesat dan itu saya kira infrastuktur jalan dan sebagainya akan menggairahkan perekonomian di daerah-daerah tersebut," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (16/8/2018_

Dengan demikian, kata dia, tidak ada perkembangan ekonomi kalau infrastrukturnya terbatas dan menjadi penghambat.

Oleh karena itu, menurut dia, percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah merupakan langkah yang bagus untuk merangsang kegiatan perekonomian di suatu tempat.

"Hanya yang perlu diperhatikan adalah harus gantian, dalam arti jangan infrastruktur saja, tetapi pembangunan sumber daya manusia (SDM) di tempat itu juga harus diimbangi. Jangan sampai infrastrukturnya sudah bagus tetapi SDM-nya tidak ada sentuhan," kata pria yang akrab disapa Prof. Warto itu.
 

Dalam hal ini, dia mencontohkan pembangunan SDM dapat berkaitan dengan bagaimana meningkatkan kapasitas masyarakat setempat untuk mengembangkan ekonomi, inovasi, serta memelihara dan menjaga infrastruktur.

Menurut dia, kemampuan-kemampuan itu harus dikuasai oleh masyarakat yang ada di daerah tersebut sehingga mereka mempunyai rasa memiliki dan mampu mengembangkan perekonomian.

"Syukur-syukur bisa membantu pengembangan infrastruktur yang ada di situ," kata pakar pertanian itu.

Kepada Antara, Ia mengakui jika pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah sekarang telah banyak membuka daerah terpencil.

Menurut dia, kondisi tersebut berbeda dengan pemerintahan sebelumnya yang lebih mempriotaskan pembangunan infrastruktur di beberapa daerah tertentu.

"Tapi dengan pemerataan ini (pembangunan infrastruktur, red.), saya kira bagus itu karena di mana-mana ekonomi akan berkembang," katanya.

Ia mencontohkan pembangunan wilayah pedesaan di Jawa yang saat ini berkembang pesat dengan perbaikan infrastuktur pertanian seperti irigasi dan jalan usaha tani akan mempercepat perpindahan komoditas-komoditas di suatu wilayah sehingga lebih efisien dan ekonomis.

Bahkan, kata dia, pembangunan infrastruktur juga mendukung pembangunan peradaban dan budaya sehingga tidak ada lagi daerah yang terisolasi.

"Dengan demikian, warga yang berada di daerah terpencil bisa merasakan pembangunan infrastruktur. Mereka bisa merasakan inilah Indonesia yang telah 73 tahun merdeka, pembangunannya sudah mulai merata," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peduli Covid-19, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Kompak dan Bersatu Lawan Wabah

Jumat, 25 September 2020 - 18:37 WIB

Bergandengan dengan EP For Jokowi, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Kompak dan Bersatu Lawan Wabah

Jakarta, 25 September 2020-Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Sandiaga Uno bersama Djarum Group mendonasikan paket bantuan sembako untuk UMKM melalui OK OCE Peduli dan Entrepreneur Profesional…

Vaksin Covid-19 (ist)

Jumat, 25 September 2020 - 18:20 WIB

Kabar Gembira! Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sukses, WHO Segera Distribusikan ke Seluruh Penjuru Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengonfirmasi keberhasilan ujiklinis vaksin COVID-19 buatan China, termasuk CoronaVac buatan Sinovac. WHO menyatakan distribusi segera dilakukan merata…

Migas Ilustrasi

Jumat, 25 September 2020 - 18:16 WIB

Tender TPPI Berjalan Secara Transparan dan Bersih, Angka Impor Migas akan Ditekan

Jakarta- Kabar baik muncul dari rencana pembangunan pusat produksi olefin dan aromatik di kompleks PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Dody Widodo

Jumat, 25 September 2020 - 18:15 WIB

Jaga Ketahanan Industri Nasional, Kemenperin Bakal Evaluasi Sejumlah Kebijakan

Industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang selama ini berperan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Sementara itu, pandemi Covid-19 membawa dampak yang signifikan bagi…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Jumat, 25 September 2020 - 18:00 WIB

Pelatih Tingkatkaan Kemampuan Menyerang Tim Skuad Pangeran Biru

Pelatih Robert Alberts mengatakan, timnya terus meningkatkan kemampuan menyerang sebagai persiapan menghadapi bergulirnya kembali Liga 1 2020 pada Oktober mendatang.