Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi
Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

INDUSTRY.co.id - Purwokerto- Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor Suwarto.

"Saya kira dari segi pemerataan pembangunan, saya amati cukup bagus karena  di beberapa daerah luar Jawa, pembangunan kelihatannya sudah berkembang pesat dan itu saya kira infrastuktur jalan dan sebagainya akan menggairahkan perekonomian di daerah-daerah tersebut," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (16/8/2018_

Dengan demikian, kata dia, tidak ada perkembangan ekonomi kalau infrastrukturnya terbatas dan menjadi penghambat.

Oleh karena itu, menurut dia, percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah merupakan langkah yang bagus untuk merangsang kegiatan perekonomian di suatu tempat.

"Hanya yang perlu diperhatikan adalah harus gantian, dalam arti jangan infrastruktur saja, tetapi pembangunan sumber daya manusia (SDM) di tempat itu juga harus diimbangi. Jangan sampai infrastrukturnya sudah bagus tetapi SDM-nya tidak ada sentuhan," kata pria yang akrab disapa Prof. Warto itu.
 

Dalam hal ini, dia mencontohkan pembangunan SDM dapat berkaitan dengan bagaimana meningkatkan kapasitas masyarakat setempat untuk mengembangkan ekonomi, inovasi, serta memelihara dan menjaga infrastruktur.

Menurut dia, kemampuan-kemampuan itu harus dikuasai oleh masyarakat yang ada di daerah tersebut sehingga mereka mempunyai rasa memiliki dan mampu mengembangkan perekonomian.

"Syukur-syukur bisa membantu pengembangan infrastruktur yang ada di situ," kata pakar pertanian itu.

Kepada Antara, Ia mengakui jika pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah sekarang telah banyak membuka daerah terpencil.

Menurut dia, kondisi tersebut berbeda dengan pemerintahan sebelumnya yang lebih mempriotaskan pembangunan infrastruktur di beberapa daerah tertentu.

"Tapi dengan pemerataan ini (pembangunan infrastruktur, red.), saya kira bagus itu karena di mana-mana ekonomi akan berkembang," katanya.

Ia mencontohkan pembangunan wilayah pedesaan di Jawa yang saat ini berkembang pesat dengan perbaikan infrastuktur pertanian seperti irigasi dan jalan usaha tani akan mempercepat perpindahan komoditas-komoditas di suatu wilayah sehingga lebih efisien dan ekonomis.

Bahkan, kata dia, pembangunan infrastruktur juga mendukung pembangunan peradaban dan budaya sehingga tidak ada lagi daerah yang terisolasi.

"Dengan demikian, warga yang berada di daerah terpencil bisa merasakan pembangunan infrastruktur. Mereka bisa merasakan inilah Indonesia yang telah 73 tahun merdeka, pembangunannya sudah mulai merata," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

63 tahun astra berkarya bagi negeri

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:43 WIB

63 Tahun Perjalanan PT Astra Internasional Tbk Berbakti bagi Negeri

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama awal Astra International Inc. Pada tahun 1990, Astra International Inc…

Prijono Sugiharto Dirut Astra Internasional

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:01 WIB

Prijono Bos Astra: 63 Tahun Astra Kobarkan Gerakan Kurangi Plastik

Kami mengajak seluruh karyawan Astra dan masyarakat luas untuk semakin peduli tentang bahaya sampah plastik sekali pakai. Melalui partisipasi manajemen, karyawan, dan masyarakat, kami berharap…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

realme C3

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:07 WIB

realme Resmi Meluncurkan realme C3 Triple Camera Game Monster di Indonesia

realme C3 menghadirkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utama 12MP-nya memiliki aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25μm yang besar. Konfigurasi kamera tersebut dapat…