Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi
Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

INDUSTRY.co.id - Purwokerto- Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor Suwarto.

"Saya kira dari segi pemerataan pembangunan, saya amati cukup bagus karena  di beberapa daerah luar Jawa, pembangunan kelihatannya sudah berkembang pesat dan itu saya kira infrastuktur jalan dan sebagainya akan menggairahkan perekonomian di daerah-daerah tersebut," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (16/8/2018_

Dengan demikian, kata dia, tidak ada perkembangan ekonomi kalau infrastrukturnya terbatas dan menjadi penghambat.

Oleh karena itu, menurut dia, percepatan pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah merupakan langkah yang bagus untuk merangsang kegiatan perekonomian di suatu tempat.

"Hanya yang perlu diperhatikan adalah harus gantian, dalam arti jangan infrastruktur saja, tetapi pembangunan sumber daya manusia (SDM) di tempat itu juga harus diimbangi. Jangan sampai infrastrukturnya sudah bagus tetapi SDM-nya tidak ada sentuhan," kata pria yang akrab disapa Prof. Warto itu.
 

Dalam hal ini, dia mencontohkan pembangunan SDM dapat berkaitan dengan bagaimana meningkatkan kapasitas masyarakat setempat untuk mengembangkan ekonomi, inovasi, serta memelihara dan menjaga infrastruktur.

Menurut dia, kemampuan-kemampuan itu harus dikuasai oleh masyarakat yang ada di daerah tersebut sehingga mereka mempunyai rasa memiliki dan mampu mengembangkan perekonomian.

"Syukur-syukur bisa membantu pengembangan infrastruktur yang ada di situ," kata pakar pertanian itu.

Kepada Antara, Ia mengakui jika pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah sekarang telah banyak membuka daerah terpencil.

Menurut dia, kondisi tersebut berbeda dengan pemerintahan sebelumnya yang lebih mempriotaskan pembangunan infrastruktur di beberapa daerah tertentu.

"Tapi dengan pemerataan ini (pembangunan infrastruktur, red.), saya kira bagus itu karena di mana-mana ekonomi akan berkembang," katanya.

Ia mencontohkan pembangunan wilayah pedesaan di Jawa yang saat ini berkembang pesat dengan perbaikan infrastuktur pertanian seperti irigasi dan jalan usaha tani akan mempercepat perpindahan komoditas-komoditas di suatu wilayah sehingga lebih efisien dan ekonomis.

Bahkan, kata dia, pembangunan infrastruktur juga mendukung pembangunan peradaban dan budaya sehingga tidak ada lagi daerah yang terisolasi.

"Dengan demikian, warga yang berada di daerah terpencil bisa merasakan pembangunan infrastruktur. Mereka bisa merasakan inilah Indonesia yang telah 73 tahun merdeka, pembangunannya sudah mulai merata," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…