Rp6,5 Trliun Disiapkan PUPR untuk Prasarana Pendidikan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:30 WIB

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp6,5 triliun untuk memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan serta pasar induk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan di Jakarta, Kamism(16/8/2018)  total anggaran Kementerian PUPR pada 2019 sekitar Rp110 triliun untuk memperbaiki dan membangun sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, universitas di bawah Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi serta sejumlah pasar induk.

"Sekolah, madrasah yang di bawah Kemendikbud, universitas yang belum selesai di bawah Ristekdikti, dan pasar induk yang terbakar ada Rp6,5 triliun sehingga totalnya ada Rp110 triliun untuk anggaran infrastruktur," kata Basuki saat ditemui usai menghadiri Sidang RAPBN 2019 di Gedung Rapat Paripurna Nusantara MPR/DPR/DPD-RI, Jakarta.

Selain itu, anggaran Kementerian PUPR 2019 akan difokuskan untuk belanja modal, sedangkan anggaran belanja barang akan dialihkan.

Terkait dengan instruksi Menteri Keuangan untuk mengendalikan impor barang modal, Menteri Basuki mengaku tidak ada bahan konstruksi yang distop impornya karena Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam proyek-proyek yang dikerjakan cukup tinggi, kecuali aspal yang memang kekurangan produksi di dalam negeri.

"Kecuali aspal yang kita memang kurang produksinya, tetapi lainnya seperti baja, semen, kebanyakan diproduksi dalam negeri, jadi tidak ada perintah untuk menghentikan impor," kata Basuki.

Dalam Sidang RAPBN 2019, Presiden Joko Widodo menyampaikan pembangunan infrastruktur telah memperkuat konektivitas, menyambungkan berbagai potensi ekonomi di seluruh Indonesia, memeratakan pembangunan, menumbuhkan kegiatan ekonomi baru, serta meningkatkan distribusi barang dan jasa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…

Ilustrasi sampah plastik

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:35 WIB

Riset Terbaru Sebut Produsen Makanan-Minuman Nasional Ini Masuk Daftar Pencemar Global

Produsen makanan dan minuman global, termasuk Coca-Cola, Nestle dan Danone, memuncaki daftar perusahaan penyumbang terbesar sampah plastik di dunia, menurut sebuah laporan riset anyar yang diterbitkan…

Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:25 WIB

Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Youtuber Fadil Jaidi dan ayahnya Pak Muh menjadi bintang tamu pada Grand Opening Roti Keset Condet Kemang, Rabu (1/5/2024). Lokasinya di Jalan Kemang Selatan VIII No.56A Jakarta Selatan.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 04 Mei 2024 - 15:21 WIB

Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri, Menperin Agus Resmikan JARVIS 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan…

Pembukaan Business Matching IKM Pangan dan Furnitur dengan HIPPINDO

Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:48 WIB

Menperin Agus Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel Lewat Gelaran Temu Bisnis

Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap kemitraan antara IKM dengan berbagai sektor…