Tingkatkan Ekspor, API Teken MoU Dengan Suplier Kapas Amerika

Oleh : Ridwan | Kamis, 16 Agustus 2018 - 08:40 WIB

Ketua Umum API Ade Sudrajat saar melakukan penandatanganan MoU dengan Suplier Kapas Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)
Ketua Umum API Ade Sudrajat saar melakukan penandatanganan MoU dengan Suplier Kapas Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) secara resmi melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan suplier kapas terbesar di Amerika Serikat (AS).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum API Ade Sudrajat saat berkunjung ke Washington, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Ade menjelaskan, dalam perjanjian tersebut nantinya seluruh Pusat Logistik Berikat (PLB) yang ada di Indonesia akan diisi oleh kapas dari AS.

"Nantinya, garmen buatan Indonesia dengan memakai kapas AS akan dipertimbangkan untuk dapat kemudahan masuk pasar Amerika," katanya saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Menurutnya, dalam MoU tersebut kita menyandarkan hubungan dagang antara Indonesia dengan AS atas dasar saling menguntungkan.

"Yang penting baik volume maupun value tetap naik," terang Ade.

Berdasarkan catatan API, ekspor tektil Indonesia ke Amerika cenderung mengalami penurunan. Tahun 2015 mencapai USD 5.181 miliar, tahun 2016 turun menjadi USD 4.961 miliar, dan tahun 2017 kembali turun menjadi USD 4.786 miliar.

Ade menyakini dengan adanya MoU tersebut dapat meningkatkan hubungan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Amerika.

"Dengan adanya MoU tersebut, saya berharap industri TPT nasional akan lebih maju, utamanya mendapatkan kapas yang mempunyai kualitas baik dengan harga yang kompetitif," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ilustrasi HSBC

Selasa, 07 Juli 2020 - 15:40 WIB

HSBC Dukung Pemulihan Ekonomi, Komut Matthew: Asean Selalu Lebih Kuat Saat Bersatu Ketimbang Berjalan Sendiri

HSBC mendukung perjanjian bersama negara-negara anggota ASEAN untuk meningkatkan kerja sama reformasi dan integrasi dalam rangka membendung dampak kesehatan dan ekonomi yang ditimbulkan oleh…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 07 Juli 2020 - 15:15 WIB

Kabar Gembira Bu Sri Mulyani! BI Sepakat Berbagi Beban Biaya COVID-19, Ini Rinciannya...

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan dampak Covid-19 di bidang ekonomi membuat pemerintah mengubah postur APBN melalui Perpres 72/2020 yang memuat kenaikan belanja, defisit,…

Acara Nikmatnya Sedekah

Selasa, 07 Juli 2020 - 15:15 WIB

Wasilah Sedekah, Nungki Umrah dan Menikah dalam Sebulan

Agar doa segera terkabul, ada amalan yang pastinya harus dilakukan. Seperti ikhtiar untuk meraih cita-cita, begitu pula dengan hajat yang tentu besarnya upaya seorang muslim untuk mencapainya,…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 07 Juli 2020 - 14:40 WIB

Jokowi Minta Anak Buahnya Cari Sumber Alternatif Pembiayaan Lain Danai Proyek Tol Trans Sumatera

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk memastikan proyek tol Trans Sumatera mendapatkan pendanaan dari investor.

PT. Isuzu Astra Motor Indonesia

Selasa, 07 Juli 2020 - 14:31 WIB

Meski Cukup Berat, Isuzu Astra Motor Optimis Penjualan Kendaraan Komersial Akan Membaik

Lasar kendaraan komersial dinilai masih cukup menjanjikan karena adanya pertumbuhan positif di sejumlah sektor bisnis pada saat pandemi COVID-19, seperti sektor logistik dan kurir.