Tingkatkan Ekspor, API Teken MoU Dengan Suplier Kapas Amerika

Oleh : Ridwan | Kamis, 16 Agustus 2018 - 08:40 WIB

Ketua Umum API Ade Sudrajat saar melakukan penandatanganan MoU dengan Suplier Kapas Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)
Ketua Umum API Ade Sudrajat saar melakukan penandatanganan MoU dengan Suplier Kapas Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) secara resmi melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan suplier kapas terbesar di Amerika Serikat (AS).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Ketua Umum API Ade Sudrajat saat berkunjung ke Washington, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Ade menjelaskan, dalam perjanjian tersebut nantinya seluruh Pusat Logistik Berikat (PLB) yang ada di Indonesia akan diisi oleh kapas dari AS.

"Nantinya, garmen buatan Indonesia dengan memakai kapas AS akan dipertimbangkan untuk dapat kemudahan masuk pasar Amerika," katanya saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Menurutnya, dalam MoU tersebut kita menyandarkan hubungan dagang antara Indonesia dengan AS atas dasar saling menguntungkan.

"Yang penting baik volume maupun value tetap naik," terang Ade.

Berdasarkan catatan API, ekspor tektil Indonesia ke Amerika cenderung mengalami penurunan. Tahun 2015 mencapai USD 5.181 miliar, tahun 2016 turun menjadi USD 4.961 miliar, dan tahun 2017 kembali turun menjadi USD 4.786 miliar.

Ade menyakini dengan adanya MoU tersebut dapat meningkatkan hubungan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Amerika.

"Dengan adanya MoU tersebut, saya berharap industri TPT nasional akan lebih maju, utamanya mendapatkan kapas yang mempunyai kualitas baik dengan harga yang kompetitif," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Digital Nomad (Foto:blog.hubspot.com)

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:15 WIB

Usulan Visa Digital Nomad Masuk Tahap Akhir Pembahasan

Visa digital nomad yang menjadi satu inovasi baru dalam merespons arus digitalisasi dan pola perilaku karyawan yang diperbolehkan untuk bekerja secara jarak jauh atau remote worker telah mencapai…

Ilustrasi Gedung KPK

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:07 WIB

LSAK Dukung Kinerja Pemberantasan Korupsi KPK

Peneliti Lembaga Studi Antikorupsi (LSAK), Ili Sadeli mengatakan dorongan pencarian buron Harun Masiku kepada KPK lebih banyak unsur politisnya untuk mendongkel dan mendelegitimasi kinerja Firli…

Desa Wisata Taro Bali

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:06 WIB

Menilik Desa Wisata Taro, Surga Tersembunyi di Gianyar Pemenang BCA Desa Wisata Award

Desa Wisata Taro merupakan desa tua di Bali yang kaya akan kisah dan peninggalan budaya masa lampau. Berada di kecamatan Tegallalang, Gianyar. Sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar. Terletak…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:58 WIB

Konsensus Analis Prediksi Pendapatan SILO Tumbuh Tahun Ini , LPKR Terimbas Positif

Konsensus analis Bloomberg pada Jumat (24/6/2022) memprediksi pendapatan PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) akan terus bertumbuh pada tahun ini meskipun pasien Covid-19 menurun. Bahkan,…

Ilustrasi TKI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Duh! Ratusan TKI Meninggal di Malaysia, Legislator Usul Pembentukan Satgas Terpadu

Jakarta- Politisi Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan dibentuk satuan tugas terpadu untuk memonitor dan menjamin pelindungan bagi tenaga kerja migran.