Kadin Sepakat Ekspor Perlu Didorong Atasi Pelebaran CAD

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 Agustus 2018 - 16:30 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani (Foto Ist)
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani mengatakan, peningkatan ekspor perlu didorong untuk mengatasi pelebaran defisit transaksi berjalan (current account defisit/CAD).

"Kita mesti meningkatkan ekspor, tetapi untuk itu tidak gampang juga," kata Rosan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/8/2018)

Bank Indonesia mencatat defisit neraca transaksi berjalan pada triwulan II-2018 mencapai 8 miliar dolar AS atau tiga persen terhadap PDB, lebih tinggi dari triwulan sebelumnya sebesar 5,7 miliar dolar AS atau 2,2 persen terhadap PDB.

Rosan berpendapat pelebaran CAD tersebut turut berkontribusi pada pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar AS. Ia memprediksi CAD Indonesia masih akan melebar hingga sekitar 25 miliar dolar AS pada akhir 2018.

"Memang isu CAD ini harus dihadapi bersama. Dunia usaha juga sudah berbicara banyak dengan pemerintah," ujar dia.

Pelemahan rupiah, lanjut Rosan, perlu dimanfaatkan untuk membantu upaya mendorong ekspor.

Ia juga menilai bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih dalam kondisi yang baik.

Namun, ia mengatakan bahwa rencana peningkatan suku bunga acuan Bank Sentral AS dua kali lagi hingga akhir 2018 membuat dunia usaha memikirkan potensi peningkatan biaya dana (cost of fund).

"Kalau 'swing' dari mata uang tinggi, akan susah bagi dunia usaha untuk memprediksi neraca keuangan mereka ke depan," kata Rosan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelepasan ekspor perdana produk AC PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) ke Nigeria

Rabu, 19 Februari 2020 - 19:05 WIB

Kemenperin Lepas Ekspor Perdana Produk AC ke Nigeria

Kementerian Perindustrian terus memacu industri elektronik di dalam negeri agar mampu memperluas pasar ekspornya, termasuk ke negara-negara nontradisional.

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

Rabu, 19 Februari 2020 - 18:36 WIB

Diserbu Semen Impor Murah Asal China, BUMN Semen Semakin Nyesek

Jakarta-Produksi semen yang dihasilkan PT Semen Indonesia saat ini kurang lebih 120 juta ton setahun dan hanya terserap pasar 70 juta ton. Jadi, masih terjadi kelebihan supply sebesar 50 juta…

Festival serba Sakura

Rabu, 19 Februari 2020 - 18:30 WIB

Hoshino Resorts OMO5 Tokyo Otsuka Gelar Festival Serba Sakura

Hoshino Resorts OMO5 Tokyo Otsuka, sebuah hotel pariwisata perkotaan di mana para tamu dapat sepenuhnya merasakan kota Otsuka, akan menjadi tuan rumah "Festival Serba Sakura OMO" bagi pengunjung…

Mi Note 10

Rabu, 19 Februari 2020 - 18:05 WIB

Catat Tanggalnya, Mi Note 10 Dengan 108MP Penta Kamera Segera Dijual di Indonesia  

Xiaomi Mi Note 10 dilengkapi dengan sistem penta-kamera pertama di dunia, dengan fitur multifungsi dan hal-hal menarik di dalamnya, yang ter​diri dari lima lensa berbeda, yaitu: lensa wide-angle 108MP,…

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang melakukan terobosan mengaspal jalan menggunakan bahan dasar sampah plastik

Rabu, 19 Februari 2020 - 18:02 WIB

Chandra Asri Bangun Jalan Aspal Plastik di Semarang

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang melakukan terobosan mengaspal jalan menggunakan bahan dasar sampah plastik dipadukan dengan cairan aspal.