Pasar Indonesia Terdampak Resesi Turki

Oleh : Wiyanto | Selasa, 14 Agustus 2018 - 07:44 WIB

Reza Priyambada, analis PT Binaartha Parama Sekuritas (Foto Abe)
Reza Priyambada, analis PT Binaartha Parama Sekuritas (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Adanya resesi ekonomi Turki yang diiringi dengan melemahnya nilai Tukar mata uang Turki berdampak ke global. Dampak tersebut merembet ke Indonesia?

Indonesia masuk kawasan Asia, yang mana Asia disinyalir oleh analis Pasar Modal Reza Priyambada, pasar keuangannya akan terdampak. Sebabnya kian maraknya sentimen resesi ekonomi Turki yang diiringi dengan pelemahan nilai mata uangnya sehingga merembet ke EUR dan membuat laju USD menguat membuat sejumlah indeks saham Asia bergerak dalam zona merah.

"Pelaku pasar memanfaatkan sentimen negatif tersebut untuk kembali melepas posisi," kata dia di Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Ia katakan, meski JPY diuntungkan dengan terapresiasinya USD namun, tidak membuat Nikkei bertahan di zona hijau dimana berakhir melemah. Pelemahan saham-saham teknologi Korea mengantarkan indeks Kospi ke zona merah. Begitupun dengan sejumlah indeks saham Tiongkok yang melemah karena tekanan saham-saham industri dan jasa.

Selain itu, katanya Eropa juga mulai meningkat kekhawatiran akan resesi yang dialamai Turki membuat laju bursa saham Eropa dilanda aksi jual. Akibatnya pergerakannya cenderung kembali melanjutkan pelemahannya.  Indeks pan-European Stoxx 600 melemah 0,25 persen. Sejumlah sektor saham terkena aksi jual dan beberapa diantaranya cenderung mendatar. Adapun saham-saham sektor teknologi dan kimia bergerak flat; serta saham-saham kesehatan/farmasi gagal bertahan positif.

Tidak jauh dengan Eropa, ia menambahkan, sentimen yang sama juga turut mempengaruhi laju bursa saham AS dimana berakhir melemah. Pelaku pasar memanfaatkan resesi yang terjadi di Turki untuk kembali melakukan aksi jualnya. Saham-saham keuangan dilanda aksi jual. Begitupun dengan saham-saham energi dan material.

"Di sisi lain, adanya kenaikan saham Amazon dan Apple kali ini tidak mampu menahan pelemahan yang terjadi pada seluruh indeks saham AS," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Food Station Sampaikan Kabar Baik, Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…

Alfarisi Arifin, Direktur Utama Karubi Maru dan Enomoto Okuto, Kepala Koki Karubi Maru pada Pembukaan Gerai Kedua Karubi Maru Di Botani Square Mall Bogor

Jumat, 03 Mei 2024 - 14:15 WIB

Gandeng Koki Asli Jepang Karubi Maru Berikan Pengalaman Menyantap Yakiniku Dalam Jyubako

Hadirkan pengalaman baru dalam menyantap yakiniku di dalam kemasan Jyubako atau yang lebih dikenal dengan bento box Karubi Maru buka gerai keduanya di Botani Square Mall Bogor.