Proteksi Dagang Jadi Tantangan Capres-Cawapres Mendatang

Oleh : Herry Barus | Senin, 13 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Ketua Umum Terpilih Apindo Periode 2018-2023 Hariyadi Sukamdani
Ketua Umum Terpilih Apindo Periode 2018-2023 Hariyadi Sukamdani

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai kebijakan proteksi dagang yang diberlakukan oleh negara maju masih menjadi tantangan perekonomian yang harus diwaspadai para pasangan Capres-Cawapres mendatang.

"Negara maju melakukan proteksi ekonomi di negara masing-masing. Ini juga masih menjadi ancaman bagi kita karena persaingan semakin keras," kata Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani saat dihubungi Antara di Jakarta, akhir pekan lalu.

Hariyadi mengatakan Indonesia dikhawatirkan belum siap menghadapi kebijakan proteksi dagang tersebut karena ketergantungan impor masih sangat tinggi. Oleh karena itu, Indonesia dituntut dapat mandiri dalam berbagai sektor, baik pangan, energi dan barang jadi.

Selain itu, pasangan bakal Capres-Cawapres juga dihadapkan dengan terbatasnya lapangan kerja, apalagi angkatan kerja masih didominasi dari lulusan SMP mencapai 58 persen dari seluruh jumlah angkatan kerja. Sejauh ini, ada 135 juta tenaga kerja, bahkan masih banyak yang belum memiliki keterampilan.

Menurut dia, Capres-Cawapres yang terpilih nanti juga harus mengupayakan agar komoditas dalam negeri memberikan nilai tambah bagi perekonomian. Namun, hal tersebut bukan perkara mudah.

"Itu bukan perkara gampang, tentunya perlu riset dan pengembangan, serta inovasi," kata dia.

Hariyadi menambahkan di luar tantangan perekonomian tersebut, tentunya masih banyak potensi yang harus dikembangkan, yakni bonus demografi yang masih bisa dinikmati pada tahun 2020 sampai 2030.

Ia menilai kedua pasangan bakal Capres-Cawapres memiliki keunggulan tersendiri. Dilihat dari pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, ada pengalaman menjabat dari sang Petahana Presiden yang menjadi alat untuk membawa perekonomian ke arah yang leih baik.

Sementara itu, pada pasangan Prabowo-Sandiaga, meski pengalaman menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta belum terlalu lama, latar Sandiaga sebagai profesional pelaku bisnis memiliki peluang untuk menggaet pengusaha dari generasi milenial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christian Atmadjaja Direktur Virtus.

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:38 WIB

Virtus Technology Indonesia Lanjutkan Program Virtus Bakti Negeri untuk Dukung Pengembangan SDM Digital di Indonesia

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, PT. Virtus Technology Indonesia (Virtus), penyedia solusi infrastruktur…

Ilustrasi Galon

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:50 WIB

Ekonom Indef: KPPU Berkewajiban Desak BPOM Batalkan Wacana Pelabelan BPA Karena Berbau Persaingan Tidak Sehat

Ekonom senior Indef yang juga pengamat persaingan usaha, Nawir Messi, mengatakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkewajiban mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membatalkan…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:40 WIB

Menteri Basuki : ASN Harus Memiliki Karakter yang Baik, Kuat, dan Akhlakul Karimah

Dalam rangka pengembangan kompetensi kepemimpinan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan dituntut tidak hanya pintar atau ahli di bidangnya saja, tetapi juga harus memiliki karakter yang…

Indonesia-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf Pascapandemi Covid-19 (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:30 WIB

Kebijakan Masker dicabut, RI-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi…

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:01 WIB

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Poso-Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi memastikan tersangka kasus terorisme yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tersisa satu orang…