XL Gelontorkan Rp5,7 Triliun Perluas Jaringan

Oleh : Irvan AF | Selasa, 07 Februari 2017 - 18:17 WIB

Pekerja memeriksa tower komunikasi milik XL Axiata. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)
Pekerja memeriksa tower komunikasi milik XL Axiata. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap menggelontorkan Rp5,7 triliun dana untuk melanjutkan transformasi bisnis selama tahun 2017 yang berfokus pada penyediaan jaringan data yang lebih kuat, segmentasi pasar, serta pelayanan data sesuai kebutuhan pelanggan.

"Strategi transformasi 2017 merupakan lanjutan dari tahun 2016. Dari sisi jaringan, kami agresif melanjutkan perluasan jaringan internet cepat, baik dengan 3G, maupun 4G dan juga 4,5G, ke wilayah yang lebih luas hingga ke daerah pelosok di luar Jawa," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Menurut Dian, alokasi dana untuk infrastruktur jaringan merupakan bagian dari belanja modal (capex) 2017 yang mencapai 80 persen dari total Rp7 triliun.

Ia menjelaskan, XL telah menyusun sejumlah rencana strategis untuk bisnis di 2017 yang secara umum berfokus pada penyediaan layanan data yang berkualitas, sehingga semakin banyak wilayah di Indonesia yang terlayani dengan internet cepat.

"Jika regulasi mengenai 'network sharing' bisa dijalankan, maka langkah dalam penyediaan layanan data ini kami akan bisa lebih agresif lagi," ujar Dian.

Dengan strategi bisnis yang telah dicanangkan untuk menghadapi tantangan di 2017, XL Axiata membidik pertumbuhan yang selaras dengan pertumbuhan industri.

Tahun 2016, XL Axiata mencatat laba sebesar Rp376 miliar, meningkat signifikan dibandingkan dengan rugi sebesar Rp25 miliar pada 2015, yang didorong penguatan mata uang rupiah terhadap dolar AS, serta penjualan menara.

Optimisme untuk meraih kinerja yang meningkat tahun 2017 didukung kemampuan XL mengurangi beban utang dan meminimalkan dampak dari fluktuasi mata uang asing.

Pada 2016 XL juga menuntaskan agenda 'rights issue' serta penjualan dan penyewaan kembali menara tahap kedua 2016, yang berdampak positif pada meningkatnya fundamental keuangan perusahaan pada level yang sama dengan sebelum mengakuisisi Axis awal tahun 2014.

Hal ini menjadikan neraca keuangan XL Axiata lebih kokoh dan fleksibel sehingga perusahaan bisa lebih fokus untuk melakukan pembangunan dan peningkatan jaringan.

Untuk tahun 2017 ke depan, XL Axiata akan menyasar segmen pasar yang berbeda dengan membangun model bisnis berbasis layanan data dengan memanfaatkan brand XL dan AXIS.

Pada layanan pascabayar, XL Prioritas segmen premium yang lebih mengutamakan kualitas layanan tinggi dan tidak resisten dengan harga.

Sementara itu, produk AXIS ditempatkan untuk menyasar segmen anak muda.

Hingga akhir 2016, XL Axiata berhasil meningkatkan jumlah pelanggan menjadi 46,5 juta.

Pada sisi produk layanan, XL Axiata akan menghadirkan berbagai layanan data yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Produk layanan yang inovatif akan dihadirkan untuk menjawab beragam kebutuhan pelanggan dan masyarakat.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.