Kampanyekan Produk SNI, Selain Bakso BSN Juga Akan Lakukan Pemecahan Rekor MURI Pempek di Palembang

Oleh : Hariyanto | Minggu, 05 Agustus 2018 - 11:32 WIB

Kepala BSN Bambang Prasetya (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Kepala BSN Bambang Prasetya (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mengambil momentum kegiatan pemecahan record Guinness World of Record senam poco-poco masal yang diikuti sebanyak 65.000 peserta, Badan Standardisasi Nasional (BSN) berhasil meraih Rekor MURI dengan menyajikan bakso ikan sebanyak 18.818 porsi dihalaman gedung BTTP, Jl MH. Thamrin No.8 Jakarta, Minggu (5/8/2018).

BSN terus gencar mengkampanyekan produk produk Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada masyarakat guna mempromosikan pentingnya produk berstandar nasional. Selain Bakso, Produk olahan berbahan dasar ikan di Indonesia dan ber-SNI, memqng sudah semakin beragam.

Kepala BSN Bambang Prasetya menjelaskan, beberapa makanan olahan berdasar ikan yang telah ber-SNI selain Bakso diantaranya adalah ikan bandeng tanpa duri, kerupuk ikan abon ikan, ikan dalam kemasan kaleng hasil sterilisasi, siomay ikan, nuget ikan, otak-otak ikan, amplang ikan, pempek, ikan lapis tepung, ikan sarden dan sebagainya.

"Menurut catatan kami, ada 26 industri pengolah ikan ber-SNI dengan total 35 merk. Beberapa diantaranya PT Kelola Mina Laut, CV Sakana Indo Prima, dan Owner Pempek Honey Palembang," ungkap Bambang.

Bambang mengungkapkan, BSN telah menerapkan 73 SNI produk ikan olahan. "Khusus SNI bakso ikan ditetapkan dengan nomer 7266:2017. SNI ini merupakan revisi SNI 7266: 2014 Bakso Ikan," ungkapnya.

SNI bakso ikan sendiri bersifat sukarela dan tidak diwajibka oleh pemerintah. Penetapan SNI bakso ikan bertujuan untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan terhadap komoditas yang dipasarkan di dalam negeri ataupun di luar negeri.

SNI Bakso Ikan menetapkan syarat mutu dan keamanan bakso ikan, bahan baku, bahan penolong dan bahan lainya, serta penanganan dan pengolahan bakso ikan. "Persyaratan mutu SNi Bakso Ikan meliputi lulus uji batas maksimum untuk sensori, kimia, cemaran mikroba, cemaran logam, dan cemaran fisik," kata Bambang.

Dengan demikian bakso ikan ber-SNI memberikan jaminan bahwa bakso yang dikonsumsi aman dan sehat karena telah lulus uji memenuhi persyaratan yang ada dalam SNI tersebut. "Isu kandungan berbahaya seperti boraks dan formalin dapat kita tepis jika ita mau membiasakan diri membeli bakso ikan ber-SNI," tambah Bambang.

Pemecahan Rekor MURI Bakso Ikan dihatapkan bisa menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersama sama mengkampanyekan produk olahan ikan olahan ber-SNI. Selain di Jakarta pemecahan Rekor MURI juga dilaksanakan di Palembang untuk penyajian pempek ber-SNI terbanyak sejumlah 18.818 buah.

"Pempek sebagai produk unggulan palembang, melalui Rekor MURI ini kita kenalkannpada dunia bahwa produk pempek ber-SNI bisa mendunia," ungkap Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standarisasi BSN, Nasrudin Irawan.

Pemecahan Rekor MURI pempek ber-SNI yang akan dilaksanakan tangal 8 Agustus 2018 mendatang di Benteng Kuto Besak, Palembang menghadirkan pempek ber-SNI dari UMKM pempek Tince, pempek Honey, dan pempek Rizki yang merupakan binaan BSN bekerja sama dengan Pemda setempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Jumat, 25 September 2020 - 18:00 WIB

Pelatih Tingkatkaan Kemampuan Menyerang Tim Skuad Pangeran Biru

Pelatih Robert Alberts mengatakan, timnya terus meningkatkan kemampuan menyerang sebagai persiapan menghadapi bergulirnya kembali Liga 1 2020 pada Oktober mendatang.

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan bantuan mesin dan peralatan kepada UPT Tekstil Majalaya

Jumat, 25 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan Mesin dan Peralatan Kepada UPT Tekstil Majalaya

Kementerian Perindustrian aktif memfasilitasi pemberian mesin dan peralatan produksi bagi pelaku industri kecil menengah (IKM). Program ini diyakini dapat meningkatkan produktivitas dan daya…

Kepala BPPI Kemenperin, Doddy Rahadi

Jumat, 25 September 2020 - 17:06 WIB

Dukung Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing SDM Industri, Kemenperin Dongkrak Peningkatan Mutu Produk IKM

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar menginisiasi program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa lebih berdaya saing global.

Kepala Pusat Data & Informasi Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi (tengah) bersama Enterprise Project Director Telkom Judi Achmadi (kedua dari kiri), Director of Regional Marketing Pertamina Patra Niaga Jumali (kedua dari kanan), Vice President Business Demand Pertamina Joko Purnomo (paling kanan) dan Operation Senior Manager Enterprise, Government, & Business Service Telkom Regional II Andri Nopendra

Jumat, 25 September 2020 - 16:43 WIB

Telkom Dukung Pertamina Genjot Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia. Melalui digitalisasi ini, Pertamina dapat…

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah saat diskusi virtual

Jumat, 25 September 2020 - 16:31 WIB

Mandiri Syariah Jadikan Literasi dan Digitalisasi Kunci Perkembangan Perbankan Syariah Nasional

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi perbankan syariah. Hal tersebut sebagai salah satu upaya mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,…