Kampanyekan Produk SNI, Selain Bakso BSN Juga Akan Lakukan Pemecahan Rekor MURI Pempek di Palembang

Oleh : Hariyanto | Minggu, 05 Agustus 2018 - 11:32 WIB

Kepala BSN Bambang Prasetya (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Kepala BSN Bambang Prasetya (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mengambil momentum kegiatan pemecahan record Guinness World of Record senam poco-poco masal yang diikuti sebanyak 65.000 peserta, Badan Standardisasi Nasional (BSN) berhasil meraih Rekor MURI dengan menyajikan bakso ikan sebanyak 18.818 porsi dihalaman gedung BTTP, Jl MH. Thamrin No.8 Jakarta, Minggu (5/8/2018).

BSN terus gencar mengkampanyekan produk produk Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada masyarakat guna mempromosikan pentingnya produk berstandar nasional. Selain Bakso, Produk olahan berbahan dasar ikan di Indonesia dan ber-SNI, memqng sudah semakin beragam.

Kepala BSN Bambang Prasetya menjelaskan, beberapa makanan olahan berdasar ikan yang telah ber-SNI selain Bakso diantaranya adalah ikan bandeng tanpa duri, kerupuk ikan abon ikan, ikan dalam kemasan kaleng hasil sterilisasi, siomay ikan, nuget ikan, otak-otak ikan, amplang ikan, pempek, ikan lapis tepung, ikan sarden dan sebagainya.

"Menurut catatan kami, ada 26 industri pengolah ikan ber-SNI dengan total 35 merk. Beberapa diantaranya PT Kelola Mina Laut, CV Sakana Indo Prima, dan Owner Pempek Honey Palembang," ungkap Bambang.

Bambang mengungkapkan, BSN telah menerapkan 73 SNI produk ikan olahan. "Khusus SNI bakso ikan ditetapkan dengan nomer 7266:2017. SNI ini merupakan revisi SNI 7266: 2014 Bakso Ikan," ungkapnya.

SNI bakso ikan sendiri bersifat sukarela dan tidak diwajibka oleh pemerintah. Penetapan SNI bakso ikan bertujuan untuk memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan terhadap komoditas yang dipasarkan di dalam negeri ataupun di luar negeri.

SNI Bakso Ikan menetapkan syarat mutu dan keamanan bakso ikan, bahan baku, bahan penolong dan bahan lainya, serta penanganan dan pengolahan bakso ikan. "Persyaratan mutu SNi Bakso Ikan meliputi lulus uji batas maksimum untuk sensori, kimia, cemaran mikroba, cemaran logam, dan cemaran fisik," kata Bambang.

Dengan demikian bakso ikan ber-SNI memberikan jaminan bahwa bakso yang dikonsumsi aman dan sehat karena telah lulus uji memenuhi persyaratan yang ada dalam SNI tersebut. "Isu kandungan berbahaya seperti boraks dan formalin dapat kita tepis jika ita mau membiasakan diri membeli bakso ikan ber-SNI," tambah Bambang.

Pemecahan Rekor MURI Bakso Ikan dihatapkan bisa menjadi momentum bagi masyarakat untuk bersama sama mengkampanyekan produk olahan ikan olahan ber-SNI. Selain di Jakarta pemecahan Rekor MURI juga dilaksanakan di Palembang untuk penyajian pempek ber-SNI terbanyak sejumlah 18.818 buah.

"Pempek sebagai produk unggulan palembang, melalui Rekor MURI ini kita kenalkannpada dunia bahwa produk pempek ber-SNI bisa mendunia," ungkap Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standarisasi BSN, Nasrudin Irawan.

Pemecahan Rekor MURI pempek ber-SNI yang akan dilaksanakan tangal 8 Agustus 2018 mendatang di Benteng Kuto Besak, Palembang menghadirkan pempek ber-SNI dari UMKM pempek Tince, pempek Honey, dan pempek Rizki yang merupakan binaan BSN bekerja sama dengan Pemda setempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jokowi Tinjau Tol Pekanbaru dumai

Minggu, 23 Februari 2020 - 02:09 WIB

Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Sepanjang 131,48 Km Bisa Dipakai Sebelum Lebaran

Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai. Secara umum, pembangunan ruas tol sepanjang 131,48 kilometer tersebut telah mencapai kurang lebih 90 persen…

Jojowi tinjau Tol Aceh

Minggu, 23 Februari 2020 - 01:01 WIB

Tinjau Simpang Susun Blang Bintang, Presiden: Alhamdulillah, Pembebasan Lahan Lancar

Tol dari Banda Aceh menuju Sigli ini 74 kilometer dan alhamdulillah pembebasan tanahnya berjalan dengan baik. Biasanya proses konstruksinya yang terhenti di pembebasannya, tapi di sini pembebasannya…

Jokowi resmikan pabrik rayon dan benang terbesar di Indonesia

Sabtu, 22 Februari 2020 - 23:05 WIB

Jokowi Resmikan Pabrik Rayon dan Benang Senilai Rp15.5 triliun di Riau

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau pada Jumat, 21 Februari 2020, meresmikan fasilitas produksi rayon dan benang terintegrasi PT Asia Pacific Rayon.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO)

Sabtu, 22 Februari 2020 - 22:20 WIB

Apindo Minta Omnibus Law RUUCipta Kerja Hapus kewenangan KPPU sebagai hakim

Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono meminta Omnibus Law RUUCipta Kerja menghapuskan kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sebagai hakim,…

Pekerja PT Timah - foto - IST

Sabtu, 22 Februari 2020 - 21:57 WIB

DPR Sayangkan Industri Timah Nasional Terbesar di Dunia Tapi Alami Kerugian

Kementerian Perindustrian didesak lebih memperhatikan sektor industri yang akan dimajukan, seperti membuat industri turunan timah. Timah kita itu adalah industri terbesar di dunia setelah China.…