Kementan-Bulog Dampingi Petani Lombok Produksi Padi7,5 Ton

Oleh : Wiyanto | Minggu, 29 Juli 2018 - 06:00 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Lombok Tengah- Kementerian Pertanian bersama dengan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) memberikan pendampingan kepada para petani di Pulau Lombok agar mampu meningkatkan produktivitas padi dari rata-rata lima ton menjadi 7,5 ton per hektare.
 

"Selama ini pendampingan sudah berjalan, tapi produktivitas masih rendah 4-5 ton per hektare, kami ingin 7-7,5 ton/ha," kata Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Sumardjo Gatot Irianto, usai panen onfarm mandiri petani Bulog Divisi Regional NTB Gapoktan Bismillah binaan Kementan, di Desa Gerunung, Lombok Tengah, Sabtu (28/8/2018)

Untuk mendapatkan pendampingan, kata dia, petani harus bersedia menjual sebagian hasil produksinya ke Bulog. Sebab, beras tersebut akan kembali lagi ke masyarakat dalam bentuk beras sejahtera (rastra) yang diberikan secara gratis kepada warga kurang mampu.

"Harus ada perjanjian tertulis, dan kami minta kontrak di atas meterai, kalau perlu jempol darah," ujar Gatot menegaskan kepada petani di lokasi panen.
 

Selama ini, menurut dia, sebagian besar petani menjual hasil produksinya ke pengusaha besar. Namun Bulog nyatanya masih bisa mendapatkan barang dari petani.

Meskipun demikian, pihaknya ingin agar Bulog lebih banyak lagi mendapatkan pasokan dari petani dengan kualitas yang lebih bagus.

"Tadi ada petani minta beras kuning ditoleransi. Kami bilang tidak bisa, nanti Bulog yang digantung. Tapi kami berikan solusi akan membantu mesin pengering," kata Gatot yang menjanjikan mesin pengering gabah kepada salah seorang mitra Bulog.

Sementara itu, Direktur Pengadaan Bulog Bachtiar, mengakui perjanjian pembelian gabah/beras dari petani yang menerima bantuan pemerintah sudah dilakukan sejak lama. Namun perlu lebih ditingkatkan lagi agar volume serapan, khususnya untuk cadangan beras pemerintah lebih banyak.

"Petani yang diberikan bantuan harus menjual sebagian hasil produksinya ke Bulog. Kami tidak perlu minta banyak-banyak, dari hasil panennya 20 persen saja dijual ke Bulog," katanya.

Ia menyebutkan target cadangan beras pemerintah sebanyak 4 juta ton pada 2018. Namun yang sudah tercapai sebanyak 1,5 juta ton pada semester pertama.

Untuk itu, Bachtiar berharap target pengadaan bisa terwujud melalui upaya peningkatan produktivitas padi dari rata-rata 5 ton menjadi 7,5 ton/ha melalui intensifikasi lahan di seluruh sentra produksi, termasuk di Pulau Lombok.

"Proses pengadaan terus berjalan. Mulai Juli, Agustus-September, harapan kita masih panen," kata Bachtiar sambil menegaskan bahwa stok beras yang ada di Bulog cukup untuk ketahanan hingga lima bulan ke depan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT. CAR SOME INDONESIA (Carsome), sebuah perusahaan penyedia layanan jual beli mobil berbasis aplikasi digital.

Jumat, 21 Juni 2019 - 06:09 WIB

Carsome Diduga Melanggar Aturan dalam Praktik Bisnis Jual Beli Mobil

Masyarakat Peduli Hukum Teknologi Indonesia (MPHTI) melayangan aduannya ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terkait praktik jual beli yang dilakukan PT. CAR SOME INDONESIA (Carsome),…

Jenny Widjaja, selaku pendiri Paberik Mie tampak antusias menyambut pengunjung menikmati kuliner mie ayam sehat dan alami

Jumat, 21 Juni 2019 - 05:50 WIB

Waralaba Paberik Mie, Bisnis Sehat dan Aman

Bagi Anda pengunjung Pekan Raya Jakarta, JIExpo Kemayoran selain menikmati hiburan live musik, kurang pas tanpa menjajaki aneka kuliner disana. Dari bermacam aneka kuliner yang hadir disana,…

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia, Volvo memperkenalkan inovasi terbarunya yang bernama Volvo Dynamic Steering.

Jumat, 21 Juni 2019 - 03:46 WIB

Volvo Trucks Hadirkan Inovasi Setir Mobil Anti Lelah

Volvo Trucks Indonesia memberi gebrakan baru bagi dunia truk di Indonesia. Pada demonstrasi produk di Sentul Kamis (20/6/2019). V

Pemenang Traveloka Experience

Kamis, 20 Juni 2019 - 23:16 WIB

Traveloka Xperience Hadir Tawarkan Ribuan Pengalaman Menyenangkan di Seluruh Dunia

Tahukah Anda bahwa kebutuhan hiburan dan gaya hidup orang Indonesia meningkat secara signifikan belakangan ini? Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2015 hingga 2017, secara…

Lion Air (Ist)

Kamis, 20 Juni 2019 - 22:00 WIB

Lion Air Mengajak Millennials Traveling Jelajahi Destinasi Indonesia

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group hari ini mengumumkan program promo yang bertemakan #wujudkanmimpiterbang untuk rute penerbangan domestik. Tarif spesial ini bertepatan…