Tahun 2019, Disney akan Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 28 Juli 2018 - 15:45 WIB

Disneyland. (Foto: IST)
Disneyland. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Disney merupakan salah satu taman hiburan yang dipadati oleh para pengunjung tiap tahunnya. Karena padat, banyak pemakaian bahan plastik seperti gelas, sedotan yang terbuang. Untuk menjaga lingkungan di taman hiburan tersebut, pihak perusahaan Walt Disney baru saha membuat komitmen untuk mempebaiki lingkungan dalam 12 bulan ke depan.

Dikutip dari travelandleisure, Sabtu (28/7/2018) pada hari Kamis lalu, perusahaan baru saja mengumumkan akan menghilangkan sedotan plastik atau pengaduk plastik sekali pakai di semua lokasi Walt Disney kecuali Tokyo Disney. Pemberlakuan ini niatnya akan dilakasanakan pada pertengahan tahun 2019. 

 

"Menghilangkan sedotan plastik dan barang-barang plastik lainnya adalah langkah yang berarti dalam komitmen jangka panjang kami untuk pengelolaan lingkungan," Bob Chapek, Chairman, Taman Disney.

Dalam laporan ABC News, tentunya hal.ini dapat membantu lingkungan kami.  “Upaya global baru ini membantu mengurangi jejak lingkungan kami, dan memajukan tujuan keberlanjutan jangka panjang kami.”

Secara total, Disney mengatakan ini akan mengurangi lebih dari 175 juta sedotan dan 13 juta pengaduk setiap tahunnya. Tetapi perusahaan tidak berhenti di sana.

Selain itu, perusahaan juga akan membuat perubahan ramah lingkungan yang signifikan terhadap kapal pesiar dan hotel. Langkah pertama, perusahaan menjelaskan, akan transisi ke fasilitas dalam kamar yang dapat digunakan kembali seperti sampo dan kondisioner.

Perubahan ini bisa mengurangi penggunaan plastiknya hingga 80 persen. Disney juga akan berusaha mengurangi penggunaan kantong plastik dengan menawarkan tas yang dapat digunakan kembali untuk pembelian di semua tokonya.

“Disney selalu terinspirasi oleh alam dan itu adalah merek unik yang menginspirasi, mendidik, dan menghibur, semua pada saat yang sama,” Dr. M. Sanjayan, CEO Conservation International, bekerja sama nirlaba dengan Disney perusahaan pada inisiatif lingkungan, kepada ABC.

“Pengumuman hari ini lebih dari tentang mengurangi limbah plastik sekali pakai, itu juga tentang menunjukkan jutaan anak-anak dan orang dewasa dari seluruh dunia banyak cara kita dapat mengubah kebiasaan sehari-hari kita untuk merawat lautan dan melindungi alam yang menopang kita semua. Ini juga dibangun di atas komitmen lama Disney untuk konservasi dan penatalayanan lingkungan, warisan yang membentang dari dataran tinggi Peru ke pulau-pulau di Pasifik Selatan, ”kata Sanjayan.

Tentu saja, Disney bukan satu-satunya perusahaan yang membuat janji besar dan kuat ini untuk mengurangi penggunaan plastik. Starbucks terkenal berjanji untuk menghilangkan semua sedotan plastik sekali pakai dari semua tokonya di seluruh dunia pada tahun 2020.

American Airlines, Hyatt Hotels, Marriott International, Royal Caribbean Cruises, dan merek perhotelan lainnya telah berkomitmen untuk membatasi penggunaan plastik mereka juga.

Bagi para pengunjung, dengan diberlakukannya peraturan baru ini. dapat membeli sendiri beberapa sedotan yang dapat digunakan kembali yang hampir sama menggemaskannya dengan merek Disney itu sendiri, termasuk sebungkus sedotan baja tahan karat yang dapat digunakan kembali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Sabtu, 20 April 2019 - 10:32 WIB

Peringati Harkonas, YLKI Minta Pemerintah Serius Lindungi Konsumen

Setiap 20 April, diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional, atau Harkonas yang tak bisa dilepaskan dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Pasalnya Harkonas mengacu pada…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 20 April 2019 - 10:05 WIB

Kemenperin Pacu Hilirisasi Komoditas Kelapa Terpadu dari Jambi Sampai Gorontalo

Kementerian Perindustrian semakian giat memacu hilirisasi komoditas kelapa agar menjadi produk industri dalam negeri yang bernilai tambah tinggi.

OVO menggelar program bertajuk COBLOS - Cashback OVO Buat Belanja Lancar Boss #lumayanbanget, dengan menawarkan cashback 60% yang dimulai 17 April hingga 30 April 2019.

Sabtu, 20 April 2019 - 09:17 WIB

Progam Diskon Pemilu 2019, Penjualan Ritel Naik 10 Kali Lipat

Program diskon khusus Pemilu 2019 bertajuk Kelingking Fun mencatatkan tren peningkatan penjualan dan lonjakan pengunjung pusat perbelanjaan. Diskon itu dihelat pada 17 April 2019 di sejumlah…