Menhub Budi Karya Dorong Peningkatan Akses Transportasi Babel

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Juli 2018 - 13:18 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi fokus mendorong pembangunan infrastruktur di Babel, guna meningkatkan akses transportasi dan perdagangan di daerah itu.  

"Kita akan membangun Bali baru di Provinsi Kepulauan Bangka Beliting melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas akses transportasi," kata Budi Karya Sumadi, saat berkunjung ke Babel menghadiri dialog nasional Indonesia maju, di Pangkalpinang, Rabu (25/7/2018)

Ia mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan fasilitas dan akses transportasi untuk mendorong kemajuan pariwisata Indonesia. Dari pembangunan bandara, pelabuhan hingga tol laut akan dimaksimalkan untuk melayani masyarakat.

Di Babel pergerakan pesawat di Bandara Depati Amir Pangkalpinang ada 6.400 pesawat per tahun dan pergerakan penumpang 1,6 juta per tahun. Untuk pelabuhan laut di Babel, dari Pelabuhan Pangkalbalam, Muntok, Toboali, Sadai, Tanjung Batu, Tanjung Pandan, dan Pelabuhan Manggar menjadi kunci logistik dan arus barang.

"Pelabuhan Pangkalbalam akan kita optimalkan menjadi pelabuhan unggulan bahkan pelabuhan internasional," ujarnya seperti dilansir dari Laman Kemenhub.

Pelabuhan Muntok dan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung akan dijadikan pengumpul arus barang, sedangkan Pelabuhan Manggar sebagai pengumpan lokal. Dan pelabuhan Tanjung Batu akan menjadi salah satu pelabuhan tol laut, di mana kegiatan dengan sendirinya akan tumbuh.

"Pemerintah akan memperkuat jalur logistik utama, merajut wilayah untuk memantapkan perekonomian regional yang tujuannya untuk membangun akses kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.