Menhub Budi Karya Dorong Peningkatan Akses Transportasi Babel

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Juli 2018 - 13:18 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi fokus mendorong pembangunan infrastruktur di Babel, guna meningkatkan akses transportasi dan perdagangan di daerah itu.  

"Kita akan membangun Bali baru di Provinsi Kepulauan Bangka Beliting melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas akses transportasi," kata Budi Karya Sumadi, saat berkunjung ke Babel menghadiri dialog nasional Indonesia maju, di Pangkalpinang, Rabu (25/7/2018)

Ia mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan fasilitas dan akses transportasi untuk mendorong kemajuan pariwisata Indonesia. Dari pembangunan bandara, pelabuhan hingga tol laut akan dimaksimalkan untuk melayani masyarakat.

Di Babel pergerakan pesawat di Bandara Depati Amir Pangkalpinang ada 6.400 pesawat per tahun dan pergerakan penumpang 1,6 juta per tahun. Untuk pelabuhan laut di Babel, dari Pelabuhan Pangkalbalam, Muntok, Toboali, Sadai, Tanjung Batu, Tanjung Pandan, dan Pelabuhan Manggar menjadi kunci logistik dan arus barang.

"Pelabuhan Pangkalbalam akan kita optimalkan menjadi pelabuhan unggulan bahkan pelabuhan internasional," ujarnya seperti dilansir dari Laman Kemenhub.

Pelabuhan Muntok dan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung akan dijadikan pengumpul arus barang, sedangkan Pelabuhan Manggar sebagai pengumpan lokal. Dan pelabuhan Tanjung Batu akan menjadi salah satu pelabuhan tol laut, di mana kegiatan dengan sendirinya akan tumbuh.

"Pemerintah akan memperkuat jalur logistik utama, merajut wilayah untuk memantapkan perekonomian regional yang tujuannya untuk membangun akses kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.