Pemerintah Perlu Peta Jalan Industri Rokok

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Juli 2018 - 10:38 WIB

Foto Ilustrasi Pabrik Rokok
Foto Ilustrasi Pabrik Rokok

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah perlu menyiapkan peta jalan komprehensif industri rokok di dalam negeri, yang nantinya bisa memberikan jaminan berusaha industri dan juga perlindungan petani tembakau, kata ekonom INDEF Enny Sri Hartati.

"Peta jalan ini untuk bagaimana industri tersebut mempunyai pegangan dari hulu hingga hilir. Industri itu butuh pegangan," Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati dalam Diskusi Media Menyelamatkan Industri dan Pekerja Rokok Kretek Tangan, di Jakarta, Rabu (25/7/2018)

Dia mengatakan bahwa peta jalan yang harus disiapkan pemerintah perlu melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk dari Kementerian Kesehatan.

Salah satu yang harus menjadi perhatian adalah industri Sigaret Kretek Tangan (SKT), yang mengalami tren penurunan dalam waktu lima tahun terakhir. Pada 2013, pekerja sektor SKT tercatat sebanyak 262 ribu orang, yang kemudian turun dengan rata-rata 6,09 persen per tahun.

Pada 2017, tersisa 202 ribu pekerja pada sektor tersebut. Kontribusi tenaga kerja SKT terhadap total pekerja industri kretek menurun dari 85,9 persen menjadi 70,1 persen pada periode yang sama.

Lebih dari 85 persen tenaga kerja yang bekerja pada Industri Hasil Tembakau (IHT), bekerja di sektor SKT. Namun, dari sisi pangsa produksi, produksi Sigaret Kretek Mesin (SKM) mencapai 76 persen, sementara SKT sebanyak 18 persen pada 2017.

Selama 2013 hingga 2017 jumlah produksi SKT menurun secara kumulaif mencapai 22,63 persen. Penurunan SKT tersebut, mempengaruhi PDB minus 0,82 persen, upah riil minus 1,24 persen, inflasi 0,41 persen, konsumsi rumah tangga minus 0,96 persen.

"Perlu meniadakan regulasi yang membebani industri kelas menengah-kecil agar mampu berkompetisi dengan industri besar," kata Enny.

Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Rokok, Tambakau, Makanan dan Minuman, Sudarto, kepada awak media mengatakan bahwa penurunan pada sektor SKT tersebut memberikan dampak paling besar terhadap pekerja, yang umumnya adalah perempuan dengan pendidikan rendah.

"Mereka akan sulit bersaing jika ada kesempatan kerja lain. Harus ada upaya preventif untuk melindungi industri SKT," kata Sudarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

e-Commerce Tokopedia (Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:45 WIB

Sepanjang Bulan Mei 2019, Tokopedia Catat Transaksi Penjualan Hingga Rp 18,5 Triliun

Sepanjang bulan Mei 2019, Tokopedia mencatatkan nilai total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) sebesar US$1.3 miliar atau setara lebih dari Rp18,5 triliun.

Sun Life Financial Indonesia dan Muamalat Indonesia Menandatangani Peresmian Kerja Sama Strategis Bancassurance

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:35 WIB

Kerjasama Sun Life Financial Indonesia dan Bank Muamalat Indonesia

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) perusahaan perencana keuangan keluarga tepercaya, hari ini mengumumkan komitmen kemitraan strategis bersama bank syariah pertama di Indonesia,…

Dirc Richard Talumewo, Presiden Direktur PT Transcoal Pacific Tbk, sedang memberikan penjelasan kepada investor dan pers dalam acara paparan publik di Jakarta, Rabu (19/06/2019). (Foto: Abe)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:22 WIB

Total Dividen Tunai 2018 Transcoal Pacific Bernilai hampir Rp80 Miliar

PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI), perusahaan pelayanan di bidang angkutan laut dan logistik kelautan, akan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2018 bernilai total Rp79,68 miliar (Rp15,5…

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:15 WIB

1ID Music, Survival Reality Show Mencari Talenta Terbaik Indonesia

Famous All Stars dengan bangga mempersembahkan 1ID Music sebuah survival reality show mencari lima talenta musik terbaik Indonesia. Peserta dari ajang ini tidak hanya akan berkompetisi merebut…

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 17:00 WIB

FinTech for Capital Market Expo, Memperkuat Kolaborasi FinTech-Pasar Modal

Dengan semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk dan layanan keuangan yang lebih bervariasi dan didukung dengan kecanggihan teknologi, Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH)…