Bos Trans Media Bicara Pentingnya Konvergensi Media Tradisional ke Digital

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Juli 2018 - 07:23 WIB

Menkominfo Rudiantara dan pengusaha Chairul Tanjung (Foto Dok Industry.co.id)
Menkominfo Rudiantara dan pengusaha Chairul Tanjung (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengusaha dan Pemilik CT Corp, Chairul Tanjung, menyatakan konvergensi media sudah mulai terjadi di Indonesia. Dalam proses konvergensi media tersebut, akan terjadi beragam evolusi media digital.

Pria yang akrab disapa CT ini menjelaskan, proses evolusi media digital akan terjadi dalam 5 hingga 10 tahun ke depan. Ini akan membuat lanskap bisnis media mengalami transisi dari televisi ke digital media.

Dia memaparkan, alokasi anggaran iklan untuk media dalam 3 hingga 4 tahun ke depan akan beralih dari televisi ke media digital. "Iklan yang dikeluarkan media televsi dan digital di Inggris sudah lebih besar ke digital. Di AS, diramalkan akan crossover atau peralihan pada 2018. Saya ramalkan 3-4 tahun lagi di Indonesia media digital akan menguasai iklan dibanding televisi," katanya dalam acara Rakernas III Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

CT menambahkan, alokasi dana iklan untuk televisi saat ini sudah tidak bertambah, sementara overhead atau biaya operasi terus naik. Alokasi iklan media, beralih ke media digital.


Dia juga menjelaskan, minat menonton televisi di Indonesia semakin berkurang tahun ini dibandingkan 2015 lalu.

"Berdasarkan survei, jam minimal main sosial media itu sekitar 3 jam 20 menit per hari. Sementara internet digunakan 9 jam per hari oleh masyarakat. Mau kerja di kantor maupun mau tidur dan bangun tidur pasti berhubungan dengan internet. Ini merupakan keniscayaan. Makin muda usia makin sedikit nonton televisi, main media sosial makin banyak. Ini keniscayaan yang tidak bisa dilawan," tambah CT.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira Puspadewi

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:00 WIB

Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata baru di Bakauheni, Lampung

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoerdan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…