Bos Trans Media Bicara Pentingnya Konvergensi Media Tradisional ke Digital

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Juli 2018 - 07:23 WIB

Menkominfo Rudiantara dan pengusaha Chairul Tanjung (Foto Dok Industry.co.id)
Menkominfo Rudiantara dan pengusaha Chairul Tanjung (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengusaha dan Pemilik CT Corp, Chairul Tanjung, menyatakan konvergensi media sudah mulai terjadi di Indonesia. Dalam proses konvergensi media tersebut, akan terjadi beragam evolusi media digital.

Pria yang akrab disapa CT ini menjelaskan, proses evolusi media digital akan terjadi dalam 5 hingga 10 tahun ke depan. Ini akan membuat lanskap bisnis media mengalami transisi dari televisi ke digital media.

Dia memaparkan, alokasi anggaran iklan untuk media dalam 3 hingga 4 tahun ke depan akan beralih dari televisi ke media digital. "Iklan yang dikeluarkan media televsi dan digital di Inggris sudah lebih besar ke digital. Di AS, diramalkan akan crossover atau peralihan pada 2018. Saya ramalkan 3-4 tahun lagi di Indonesia media digital akan menguasai iklan dibanding televisi," katanya dalam acara Rakernas III Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

CT menambahkan, alokasi dana iklan untuk televisi saat ini sudah tidak bertambah, sementara overhead atau biaya operasi terus naik. Alokasi iklan media, beralih ke media digital.


Dia juga menjelaskan, minat menonton televisi di Indonesia semakin berkurang tahun ini dibandingkan 2015 lalu.

"Berdasarkan survei, jam minimal main sosial media itu sekitar 3 jam 20 menit per hari. Sementara internet digunakan 9 jam per hari oleh masyarakat. Mau kerja di kantor maupun mau tidur dan bangun tidur pasti berhubungan dengan internet. Ini merupakan keniscayaan. Makin muda usia makin sedikit nonton televisi, main media sosial makin banyak. Ini keniscayaan yang tidak bisa dilawan," tambah CT.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

INAX Mengubah Ruang Kamar Mandi Melalui Cahaya dan Bayangan

Rabu, 26 Februari 2020 - 14:00 WIB

INAX Mengubah Ruang Kamar Mandi Melalui Cahaya dan Bayangan

Selama bertahun-tahun, orang Jepang telah menemukan keindahan yang halus dalam memanfaatkan cahaya dan bayangan alami dalam desainnya. Di dunia yang semakin menyala dan terang benderang hari…

Kostratani bersama Kementerian Pertanian

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:53 WIB

Kostratani Bali Persiapkan Penguatan Komoditas Unggulan Ekspor

Perekonomian di Bali saat ini mengalami pergeseran seiring berkembangnya sektor pariwisata yang lebih dominan untuk PDRB Bali. Diketahui¬† sektor pertanian menduduki tempat kedua, dalam hal…

Simulasi Pasien Corona di RSUP dr Kariadi Semarang

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:45 WIB

Ngeri, Pulang dari Bali WN Jepang Terpapar Virus Corona

Dinas Kesehatan Bali telah melakukan contact tracing atau melacak tempat dan penginapan warga negara (WN) Jepang yang positif terjangkit virus corona sepulangnya dari Pulau Dewata.

Jaya Suprana (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:32 WIB

Mendambakan Keadilan Sosial

Berdasar dukungan dari para sahabat seperti Prof. Frans Magnis Suseno, Prof. Mahfud MD, Prof. Salim Said, Dr. Yasonna Laoly, aktivis senior Haryono Kartohadiprojo S.H, pejuang kemanusiaan Ignatius…

Kota baru Maja

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:30 WIB

Bakal Disulap jadi Kota Baru, Presiden Jokowi Rela Kucurkan Rp100 Triliun untuk Maja

Dari 41 proyek besar yang direncanakan 2020-2024, Kabupaten Maja, Lebak, Banten masuk ke dalam RPJMN untuk dua proyek besar. Dalam daftar proyek prioritas strategis, Maja masuk ke proyek Be…