Terminal Bus Terbesar Se-Asia Tenggara Segera Beroperasi di Jakarta

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 05 Februari 2017 - 09:17 WIB

Terminal Bus Sentra Timur Terpadu Pulo Gebang
Terminal Bus Sentra Timur Terpadu Pulo Gebang

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan awal pengoperasian Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang pada akhir 2016 lalu. Rencananya, seluruh kegiatan pembangunan terminal di Jakarta Timur ini akan selesai pada Februari 2017 ini.

Terminal Pulo Gebang dibangun untuk mengurangi praktik-praktik ilegal yang dilakukan di "terminal bayangan". Saat ini jumlah terminal bayangan di Jakarta terdapat di 21 kawasan yang mengganggu sistem pelayanan transportasi bus antar kota. Selain itu, keberadaan terminal bayangan kerap mengganggu aktivitas jalan raya hingga timbulkan kemacetan.

Berikut hal yang perlu diketahui tentang terminal baru yang disebut-sebut sebagai terminal terbesar di Asia Tenggara ini.

Lokasi di JORR

Terminal Pulo Gebang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur. Posisinya tepat berada di pinggir Jalan Tol Lingkar Luar (JORR).

Terbesar di Indonesia

Dibangun di atas lahan seluas 5,4 hektar, Terminal Pulo Gebang menjadi terminal terbesar di Indonesia. Selain tempat menunggu penumpang serta are keberangkatan dan kedatangan bus, terminal ini memiliki fasilitas lain seperti area istirahat bagi awak bus, areal komersial berupa konter tiket bus dan toko serta warung, dan area kantor pengelola terminal. Di ruang tunggu penumpang disediakan televisi dan saluran listrik untuk menambah daya baterai ponsel.

Melayani Bus AKAP

Saat ini Terminal Pulo Gadung dan Rawamangun di Jakarta Timur melayani penumpang bus untuk perjalanan dalam dan luar kota. Nanti setelah Terminal Pulo Gebang siap, perjalanan angkutan kota antar provinsi (AKAP) hanya dilakukan di terminal ini. Sedangkan kedua terminal tersebut akan melayani rute dalam kota saja.

Dilewati Angkutan Pengumpan

Kementerian Perhubungan menyiapkan angkutan pengumpan (feeder) untuk melayani masyarakat dari Terminal Pulo Gebang. Hal ini penting untuk menghubungkan angkutan dalam kota dengan bus AKAP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) (ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:32 WIB

Semester I 2019, Pendapatan TBIG Rp2,2 Triliun

Jakarta -- PT Tower Bersama Infrastructure Tbk mencatat pendapatan dan EBITDA masing-masing sebesar Rp2.277 miliar dan Rp1.941 miliar untuk periode enam bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni…

Kegiatan Semen Tonasa, salah satu produk Semen Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 08:01 WIB

Semen Indonesia Siap Bersaing di Pasar Regional

Jakarta – Di tengah kondisi pasar semen nasional yang kompetitif, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berhasil mencatatkan volume penjualan hinga Juli 2019 untuk pasar semen domesik diluar Solusi…