Siap-siap Bandung Bakal Gelar International Art Festival, Catat Waktunya!

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 23 Juli 2018 - 13:30 WIB

Gedung Sate Bandung (Foto Ist)
Gedung Sate Bandung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Terkenal dengan kekreatifannya, Kota Kembang ini akan menggelar Bandung International Art Festival (BIAF) pada tanggal 27 hingga 29 Juli 2018. Even bertaraf internasional ini tentunya bahkan memerihkan Bandung selama tiga hari penuh dan akan dipadati oleh wisatawan bahkan, dikabarkan ada 10 negara yang bakal ikut memeriahkan BIAF. 

Menurut Kasi Pengembangan Produk Budaya dan Kesenian Disbudpar Kota Bandung, Titin Kuswiatin mengatakan, acara ini bakal dibuka di Pusat Pengembangan Kebudayaan Kota Bandung, Jalan Naripan, Kota Bandung.

"Ada 10 negara yang dipastikan hadir. Seperti, Jerman, Belanda, Australia, Italia, India, Jepang, Rusia, Thailand, dan lainnya. Mereka akan menampilkan tarian khas negara masing-masing. Selain itu ada 11 kota/kabupaten di Indonesia yang juga akan ikut meramaikan BIAF," ujar Titin Kustiatin, dikutip dari facebook Kemenpar. 

Tak hanya itu, BIAF juga akan dimeriahkan pergelaran Tari Jaipong kolosal dan akan diikuti oleh 2.500 penari yang akan menampikan Tari Daun Pulus Keser Bojong.

Menurutnya jumlah peserta yang mengikuti jaipongan tersebut bisa saja bertambah. Sebab seluruh warga atau wisatawan yang hadir akan diajak ikut menari. "Jadi nanti di situ sekaligus ada pencatatan rekor dari Organisasi Rekor Indonesia (ORI)," katanya.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana menyambut baik penyelenggaraan BIAF. Karena akan semakin mengangkat pamor Kota Bandung. Selain itu membawa nama Bandung ke pentas global.

"Langkah yang tepat, kolaborasi yang hebat. Ini akan membawa Bandung semakin eksis. Sehingga akhirnya membawa Bandung ke pentas dunia," kata Pitana yang didampingi Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional II Kemenpar, Sumarni.

Kepala Bidang Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan juga angkat suara. Menurutnya, kebudayaan itu bisa di sinergikan tujuannya untuk memperkuat semua lini.

"Dengan menyatukan langkah untuk bersaing di level global. Menyuguhkan berbagai macam penampilan seni budaya nusantara. Jika dipetakan, daya tarik industri pariwisata Tanah Air bersumber pada 60 persen budaya, 35 persen alam, dan 5 persen MICE," ujarnya

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi gelaran BIAF. Menurutnya BIAF melestarikan seni budaya Indonesia. Lebih menariknya lagi digelar di Bandung yang kaya seni budayanya.

“Budaya itu semakin dilestarikan semakin mensejahterakan. BIAF akan membawa Bandung menjadi destinasi pariwisata dan pusat kebudayaan bertaraf global," ujar Menteri asal Banyuwangi tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…