Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)
Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan legislatif 2019.

"Beberapa menteri yang lain, kebetulan kalau tidak salah, dari PKB itu ada 3, lalu Nasdem tidak ada, lalu PPP antara iya dan tidak karena Pak Menteri Agama sedang konsentrasi untuk haji," kata Pramono kepada media di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa.

Menurut Pramono, sejumlah pejabat di lingkungan kepresidenan dan menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga ada yang akan menjadi calon anggota legislatif yaitu Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Selain itu, Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi SP dikatakan Pramono juga dicalonkan dari PDIP sebagai caleg di Daerah Pemilihan VII Jawa Timur.

Pramono menjelaskan beberapa menteri atau pejabat pemerintahan berpotensi menjadi pengumpul suara bagi partai-partai yang bersangkutan.

Seskab menambahkan prestasi program kementerian yang telah berjalan akan menjadi catatan baik bagi lembaga yang bersangkutan, bukan personal kepada pejabat terkait.

"Jadi yang ada adalah sekarang tinggal jaringan, 'performance' dari masing-masing menteri untuk bisa mendulang suara," ujar Pramono.

Pemerintah akan mengawasi para pejabat agar jangan sampai menyalahgunakan kewenangan pada saat kampanye caleg.

"Selama dia cuti ya diperlakukan seperti caleg biasa. Tetapi begitu nanti kembali dari cutinya, akan menjabat sebagai menteri biasa," jelas Pramono.

Sebanyak tiga menteri yang berlatar belakang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yaitu Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan periode pendaftaran caleg untuk anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dibuka sejak 4 hingga 17 Juli 2018.

Mulai Senin (16/7), sejumlah partai telah mendatarkan sejumlah nama-nama caleg ke KPU di masing-masing daerah.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Senin, 29 April 2024 - 06:38 WIB

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali setelah berlibur, kita ingin kembali ke rutinitas sehari-hari dengan…

Groundbreaking Socia Garden (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 29 April 2024 - 06:00 WIB

Gelar Groundbreaking, Arrayan Group Bakal Serah Terima Unit Socia Garden Akhir Tahun 2024

Arrayan Group sebagai pengembang besar selalu serius dalam merealisasikan dan komitmen terhadap penyelesaian proyeknya. Bukti nyata ini ditandai dengan Groundbreaking tahap 1 di Cluster Tivoli…

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…