Pemerintah Persiapkan Terminal Khusus LCC di Soetta

Oleh : Hery Barus | Selasa, 17 Juli 2018 - 09:40 WIB

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)
Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang- Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin memaparkan konsep terminal khusus penerbangan berbiaya murah (LCC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Awaluddin usai pembukaan "Airport Excellence (APEX) in Safety dari Airport Council International (ACI), Senin, menjelaskan apabila terjadi penyesuaian pembangunan terminal LCC pada saat revitalisasi, maka konsepnya adalah Terminal 1 khusus penerbangan perbiaya murah domestik.

Terminal 2 khusus penerbangan berbiaya murah domestik dan internasional dan Terminal 3 khusus penerbangan dengan layanan lengkap (full service) baik domestik maupun internasional.

"Bagaimana nanti dengan adanya Terminal 4, maka akan diposisikan jadi "full service" terminal," katanya.

Menurut Awaluddin, konsep terminal penerbangan berbiaya hemat sudah ada di Bandara Soekarn-Hatta, seperti Terminal 1 yang memang khusus untuk penerbangan domestik LCC yang diisi Maskapai Lion Air dan Citilink.

Meskipun, lanjut dia, masih belum sempurna karena adanya Batik Air di sana dan di Terminal 2 masih dioperasikan penerbangan internasional full service.

"Yang mau kita lakukan adalah `upgrade terminal yang sudah ada, meskipun dalam kenyataannya sudah terjadi segmentasi itu. Kami melihat program ini bisa disinkronkan dengan revitalisasi," katanya.

Awaluddin mengaku pihaknya sudah melakukan rapat dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno serta Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata terkait rencana penyesuaian terminal LCC tersebut.

"Deadline belum ada, tapi sudah dipanggil minggu ini baru audiensi bahwa konsep lebih detil terminal LCC-nya," katanya.

Dia mendukung adanya program tersebut karena diyakini bisa mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.

Sementara itu, Awaluddin menambahkan pihaknya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah terkait potensi adanya penyesuaian pajak bandara (PSC) karena perbedaan segementasi penerbangan.

"Dari penyesuaiannya ada berapa komponen, dari jenis pesawat yang akan mendarat, dari waktu mendarar, saya tidak terlalu melihat ini sulit, saya dorong untuk efisien," katanya seraya mengusulkan untuk dibangunnya terminal khusus LCC untuk menarik wisatawan, seperti halnya di Singapura dan Kuala Lumpur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga telah menyatakan dukungannya agar Terminal 4 bisa dimungkinkan untuk dibuat terminal khusus LCC.

Saat ini maskapai yang berminat berinvestasi untuk pembangunan terminal LCC adalah AirAsia Indonesia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:01 WIB

Jadi Jutawan Muda dengan Bertani

Gowa - Petani ataupun pekerjaan di sektor pertanian pada umumnya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat. Bertani identik dengan pekerjaan kasar, kotor-kotoran, ataupun penghasilan…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 08:00 WIB

DPR: Hilangkan Ego Kelompok yang Lampaui Batas Toleransi Hukum

Ketua DPR Bambang Soesatyo(Bamsoet) mengimbau semua elemen masyarakat segera menghilangkan ego kelompok yang melampaui batas toleransi hukum dan undang-undang (UU). Setiap kelompok masyarakat…

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…