Kementerian ESDM Akan Dorong Program Masyarakat ke Arah Komersialisasi Dalam Bentuk BLU

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Juli 2018 - 19:56 WIB

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial
Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembangan inovasi riset sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan dititikberatkan kepada program-program yang bersentuhan langsung dengan rakyat. Program rakyat tersebut salah satunya diimplementasikan melalui wadah Badan Layanan Umum (BLU) Kementerian ESDM. 

BLU inilah yang melahirkan Tusina Baraseger (Tungku Siklon Sederhana Batubara dan Sumber Energi Terbarukan) yang masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Nasional.

"Sebanyak 50% anggaran Kementerian ESDM sekarang ini diperuntukan program-program untuk masyarakat. Khusus untuk Balitbang ESDM diarahkan oleh Menteri ESDM dalam bentuk Badan Layanan Umum (BLU)," ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial, di Gedung Kementerian PAN RB Jakarta, mendampingi presentasi tim innovator Tusina Baraseger, Selasa (10/7/2018) lalu.

Produk penelitian Balitbang ESDM, imbuh Ego, akan terus didorong ke arah komersialisasi dalam bentuk BLU. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mudah mengakses hasil penelitian untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sekitar. "Balitbang ESDM sudah tidak seperti dulu lagi yang hanya meneliti, jadi tumpukan kertas, terus disimpan," tegas Ego.

Salah satu bentuk komersialisasi dari hasil penelitian adalah Tusina Baraseger. Penelitian ini, jelas Ego, merupakan produk nyata yang dibutuhkan masyarakat dimana secara geografis membutuhkan pasokan energi yang apabila menggunakan energi konvensional membutuhkan biaya yang mahal.

Untuk dikembangkan secara masal, Balitbang ESDM telah melakukan kerjasama dengan perusahaan produsen boiler yakni, PT Aalborg Industri Indonesia yang sejak awal Juli 2017 dan saat ini prototypenya sudah ada di PT Aalborg Industri Indonesia. 

Terbukti sudah ada 30 Industri Kecil Menengah (IKM) yang siap menggunakan teknologi tersebut serta 6 buah pesanan tungku siklon untuk pembangkit listrik berbasis biomasadatang dari pembangkit dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sebelum Tusina Baraseger, Kementerian ESDM telah melahirkan beberapa inovasi pelayanan publik. Di tahun 2017 lahir Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment (MAGMA) Indonesia, Teknologi Gasifikasi Mini Batubara Skala UKM (GasMin) dan Sistem Informasi Energi (SINERGI) Desa. Sementara di tahun 2016 terdapat Minerba One Map Indonesia (MOMI), E-Lelang Wilayah Kerja Migas, dan Pendaftaran Online Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kusuma Ida Anjani, Mustika Ratu Business Development, Innovation & SPA Director

Minggu, 12 Juli 2020 - 15:07 WIB

Taman Sari Royal Heritage Spa siap beroperasi di New Normal

Jakarta - Dunia usaha kini memasuki era new normal, dimana beberapa aktivitas bisnis diizinkan beroperasi kembali. Pemerintah telah menyiapkan kebijakan era new normal menggantikan kebijakan…

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Dokter Reisa Broto Asmoro

Minggu, 12 Juli 2020 - 15:00 WIB

Sejumlah Tips Dokter Reisa Berolah Raga di Ruang Publik

Anjuran pemerintah dalam hal menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi COVID-19 belakangan ini sudah dilaksanakan oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari sudah banyaknya masyarakat yang memanfaatkan…

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Foto: @borobudurpark/Industry.co.id)

Minggu, 12 Juli 2020 - 13:00 WIB

Destinasi Wisata Jawa Tengah Kembali Menggeliat

Sebanyak 103 dari 690 tempat wisata di wilayah Jawa Tengah telah beroperasi secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan setelah berlaku tatanan normal baru.

Hendry Oktavianus, CEO Cicilsewa

Minggu, 12 Juli 2020 - 12:30 WIB

Cicilsewa Dipercaya oleh Yummy Corp sebagai Rekan Usaha untuk Pengembangan Bisnis

Berlangsung akad sewa perdana antara Cicilsewa dan Yummy Corp. Perjanjian sewa ini berlaku untuk unit properti yang berlokasikan di Fatmawati, Jakarta Selatan. Akad sewa dihadiri oleh Eno Susanto,…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 12 Juli 2020 - 12:10 WIB

Empat Aturan Pemotongan Hewan Kurban dari Gugus Tugas Percepatan Penataan Covid-19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyiapkan aturan terkait mekanisme pemotongan hewan kurban maupun shalat Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli 2020.