Telkomsel-Pemkot Gorontalo Wujudkan Digital Smart City

Oleh : Dina Astria | Kamis, 12 Juli 2018 - 14:47 WIB

Smart City (Foto Dok Industry.co.id)
Smart City (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gorontalo- Telkomsel bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melakukan kolaborasi untuk mengembangkan Gorontalo Digital Smart City di daerah tersebut.

Pelaksanaan program Gorontalo Digital Smart City tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Vice President Sales & Service Strategy Telkomsel, Gilang Prasetya dengan Walikota Gorontalo, Marten A. Taha di Jakarta.

"Melalui program Gorontalo Digital Smart City, pemerintah kota Gorontalo dimudahkan dalam mengelola berbagai administrasi daerah dengan lebih modern dan efisien," kata Vice President Sales & Service Strategy Telkomsel, Gilang Prasetya, Rabu (11/7/2018)

Seperti, peningkatan efisiensi kinerja instansi pemerintahan berbasis teknologi dan telekomunikasi, kemudahan dalam monitoring kinerja dan evaluasi pelayanan masyarakat, penggunaan e-money TCASH sebagai media pembayaran pajak dan retribusi warga Gorontalo.

Serta penyediaan system informasi dan database yang terintegrasi bagi Pemerintah Kota Gorontalo yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kolaborasi Telkomsel dan Pemkot Gorontalo ini adalah wujud komitmen perusahaan sebagai operator telekomunikasi terbesar di Indonesia untuk mendukung transformasi digital khususnya sektor pemerintahan, dengan menyediakan berbagai solusi untuk pengelolaan administrasi pemerintahan yang lebih efektif dan efisien," ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama pembangunan Gorontalo Digital Smart City ini dapat meningkatkan kerjasama dan juga hubungan baik antara perusahaan dengan pemerintah sehingga dapat terus berkolaborasi untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu, layanan Wireless Broadband menawarkan jaminan koneksi internet prima untuk lingkungan kantor pemerintahan.

"Sedangkan Business Connect menyediakan solusi komunikasi yang terintegrasi penuh, mulai dari email hingga penjadwalan, dokumen, serta aplikasi kolaborasi sehingga mampu meningkatkan produktivitas, katanya.

Adapun beberapa program lainnya yaitu dalam rangka meningkatkan layanan kebersihan Kota Gorontalo juga akan dilakukan monitoring dan evaluasi dalam rangka efesiensi armada angkutan sampah melalui Solusi Internet of Thing yaitu Fleet Sight Telkomsel, dimana semua armada angkutan sampah dapat diatur dan diawasi rute pengangkutan sampahnya secara real time melalui dashboard Fleetsight.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mukhtarudin Anggota DPR RI Fraksi Golkar

Minggu, 19 Mei 2024 - 10:12 WIB

Pabrik Smelter Nikel PT KFI Kaltim Kebakaran, Mukhtarudin DPR: Proses Audit Harus Dilakukan

Wakil Ketua Fraksi Golkar Bidang Industri dan Pembangunan (Inbang) DPR RI Mukhtarudin buka suara soal insiden kebakaran pabrik pengolahan nikel, PT Kalimantan Ferro Industri (KFI) di Kutai Kartanegara,…

Armada DAMRI siap yang siap beroperasi (Doc: Perum DAMRI).

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:57 WIB

Ekspansif! DAMRI Siap Mengaspal di Arab Saudi

Pimpinan DAMRI telah melakukan kunjungan ke Arab Saudi dalam rangka survei investasi dan bisnis layanan transportasi haji dan umrah di Arab Saudi, pada Maret 2024. Kunjungan tersebut sekaligus…

Industri (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:50 WIB

Market Development and Business Strategies in The Engineering Field

The engineering field, as a vital pillar of the national economy, sees its market development trend directly related to the stable growth of the national economy and the improvement of social…

Ronaldo

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:45 WIB

Ronaldo, Ronaldinho & Agüero Kritik Erling Haaland Usai Menjadi Karakter 'Raja Barbar' Clash of Clans

Pemain legenda sepak bola Ronaldo, Ronaldinho, dan Sergio Agüero dengan bercanda mengkritik nama pemain striker terkenal, Erling Haaland, di Internet sebagai ungkapan frustrasi mereka atas…

Pameran JWX 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 09:09 WIB

Catat! Pameran Jam Tangan Mewah & Tas Premium Kelas Atas Digelar Kamis -Minggu Ini di Grand Indonesia

Jakarta Watch Exchange atau lebih dikenal dengan JWX, merupakan pameran terbesar di Indonesia, dan sudah diselenggarakan keempat kalinya, menggelar eksibisi jam tangan mewah, tas-tas bermerek…