Siemens Gandeng Alibaba Cloud Tingkatkan Industrial Internet of Things di Cina

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Juli 2018 - 13:24 WIB

Siemens Indonesia Hadirkan Solusi Digitalisasi untuk Sektor Energi dan Industri
Siemens Indonesia Hadirkan Solusi Digitalisasi untuk Sektor Energi dan Industri

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Siemens dan Alibaba Cloud, bisnis unit komputasi awan (cloud) dari Alibaba Group, baru-baru ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka kemitraan guna mendorong Industrial Internet of Things (IoT) di Cina.

Kedua perusahaan ini akan memanfaatkan teknologi dan sumber daya industri masing-masing untuk membangun solusi IoT yang unik guna mendukung Industri 4.0, peningkatan dan transformasi manufaktur Cina serta inisiatif industri Internet lainnya.

Joe Kaeser, Presiden dan CEO Siemens AG dan Simon Hu, Senior Vice President dari Alibaba Group dan President dari Alibaba Cloud menandatangani MoU di Berlin yang disaksikan oleh Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Cina Li Keqiang dalam kunjungan resminya ke Jerman.

“Kami terus membangun jaringan digital dari industri global perusahaan melalui kemitraan dengan Alibaba Cloud. Kemitraan ini adalah kesepakatan penting untuk membawa solusi Industri 4.0 ke Cina sebagai produsen manufaktur terdepan di dunia. Pelanggan kami akan dapat memanfaatkan potensi Industrial Internet of Things dengan MindSphere yang sekarang telah tersedia di platform cloud terkemuka di Cina,” ungkap Joe Kaeser.

Menurutnya, kerjasama tersebut semakin memperkuat kepemimpinan global Siemens untuk mengotomatisasi dan mendigitalkan dunia Industri.

"Kemitraan penting ini menjadi langkah yang baik dalam mencapai tujuan Alibaba Cloud untuk memungkinkan transformasi digital di seluruh dunia. Kami merasa senang dapat bermitra dengan Siemens dan berharap agar kemitraan ini dapat mempercepat pengadopsian produk dan layanan IoT yang nantinya dapat menciptakan terobosan dan kemajuan di seluruh industri,” ungkap Simon Hu.

Sebagai bagian dari penawaran digital komprehensif Siemens, MindSphere merupakan sistem operasi IoT terbuka berbasis cloud milik Siemens yang memberikan berbagai pilihan konektivitas ke perangkat dan perusahaan, aplikasi yang kuat, analisis yang canggih, dan inovasi closed-loop dengan solusi digital twin yang lengkap. Implementasi MindSphere di Alibaba Cloud akan memberikan layanan menarik bagi perusahaan di wilayah Cina Daratan untuk berinovasi dengan solusi industri yang canggih.

Berdasarkan MoU, kedua perusahaan akan segera memulai kolaborasi dan akan membuat ketersediaan MindSphere di Alibaba Cloud pada 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…