Perpustakaan Wonosobo Raih "Best Of The Best" di Ajang Peer Learning Meeting Nasional

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 09 Juli 2018 - 10:30 WIB

Ilustrasi Perpustakaan (Foto: Nu.or.id)
Ilustrasi Perpustakaan (Foto: Nu.or.id)

INDUSTRY.co.id - Temanggung, 8/7 (Antara) - Kabupaten Wonosobo berhasil meraih penghargaan "Best of the Best" dalam ajang Peer Learning Meeting Nasional Tahun 2018 yang digelar Perpustakaan Nasional dan Bappenas RI di Yogyakarta.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo Eko Yuwono di Wonosobo, Minggu, mengatakan penghargaan ini diberikan karena perpustakaan Wonosobo dinilai mampu mewujudkan perpustakaan yang transformatif, dengan mendorong masyarakat menjadikan perpustakaan desa sebagai pusat belajar dan berkegiatan.

Ia menuturkan kunci dari keberhasilan tersebut adalah adanya dukungan dan partisipasi aktif masyarakat Wonosobo yang semakin sadar untuk memanfaatkan informasi sebagai pintu masuk pengembangan potensi diri.

"Sekarang berkembang idiom di masyarakat Wonosobo, perpustakaan adalah sarana literasi untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan," katanya.

Selain perubahan paradigma di masyarakat, katanya prestasi tersebut tidak lepas dari keberhasilan sejumlah peserta lomba yang digelar oleh Perpusnas RI.

"Ada 11 kategori lomba yang kami menangkan dalam ajang tersebut," jelasnya.

Sebanyak 11 kategori tersebut meliputi lomba video Impact Perpuseru oleh Arpusda, perpustakaan terbaik, Best Of The Best Perpustakaan Daerah, honorable Mention oleh Warih Seto Murti, lomba lapak perpuseru, Best Costume oleh Ahmad Waldi dari Perusdes Kebrengan, perpusdes terbaik oleh Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Al Bidayah dan TBM Cahaya Karangluhur, lomba cerita Impact oleh Istana Rumbia Lipursari dan TBM Al Bidayah, serta Best Of The Best Perpusdes yang diraih oleh TBM Al Bidayah.

Menurut Eko keberhasilan tersebut diawali dari pengembangan perpustakaan oleh Perpuseru Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) sejak tahun 2011. Program kemitraan Perpuseru tersebut meliputi 104 Perpustakaan Kabupaten/Kota dan 768 Perpustakaan Desa di 18 Provinsi se-Indonesia.

"Melalui Perpuseru itulah, ada 14 juta warga masyarakat yang kemudian bisa mengakses layanan dan berkegiatan di perpustakaan, dengan didampingi oleh 5.000 lebih staf serta 300 fasilitator yang siap mendorong pengembangan perpustakaan, baik di tingkat kabupaten hingga ke Desa-desa," katanya.

Seiring dengan berakhirnya program ini, Eko menyebut Perpusnas RI dan Bappenas telah menetapkan model pengembangan perpustakaan daerah, desa/kelurahan yang dikembangkan oleh perpuseru, menjadi model yang akan dikembangkan di seluruh Indonesia secara bertahap.

Eko menargetkan seluruh desa di kabupaten Wonosobo sudah mengembangkan perpustakaan transformatif pada Tahun 2021.

"Tahapan program akan segera dirumuskan oleh Dinas Arpusda, Bappeda, Dinsos PMD serta Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Wonosobo," imbuhnya.

Sementara itu, ia menuturkan diperlukan adanya sinergi antar berbagai organisasi perangkat daerah untuk mewujudkan literasi untuk kesejahteraan, sebagaimana di tingkat pusat juga terjalin sinergi antarlembaga dan kementerian.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…