Calon Haji Asal Cirebon Didominasi Berusia di Atas 60 Tahun

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 Juli 2018 - 05:49 WIB

Jamaah Haji
Jamaah Haji

INDUSTRY.co.id - Cirebon- Usia calon haji dari Kota Cirebon, Jawa Barat, yang akan berangkat pada 2018 ini rata-rata di atas 60 tahun, mereka akan berangkat setelah masa tunggu yang mencapai sekitar 15 tahun.

"Di Kota Cirebon jamaah hajinya hampir semua itu umurnya di atas 60 tahun," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Cirebon, Jajang Badruzaman di Cirebon, Minggu (8/7/2018)

Menurutnya umur jamaah haji saat ini di atas 60 tahun itu mencapai 80 persen dan ini tentu membutuhkan tenaga ekstra untuk membimbing mereka.

Banyaknya jamaah yang berusia di atas 60 tahun terjadi karena masa tunggu yang lama yaitu sampai 15 tahun lamanya.

Sementara untuk jamaah di Kota Cirebon yang berumur paling tua tercatat 86 tahun ada satu orang dan yang termuda 30 tahun.

"Kita juga sering mengimbau kepada jamaah haji untuk menjaga kesehatan, mengingat usia mereka juga sudah tua," ujarnya.

Calon haji Kota Cirebon yang tahun ini berangkat tercatat sebanyak 330 orang dan mereka sudah memenuhi persyaratan, seperti dokumen perjalanan visa, paspor dan kesehatan.

"Sampai saat ini semua tidak ada kendala untuk jamaah yang akan beribadah," tuturnya.

Jajang menambahkan ada dua calon haji yang gagal melaksanakan ibadah haji tahun ini, karena keduanya memiliki penyakit yang tidak diperbolehkan untuk berangkat.

Karena kedua calon itu harus melakukan cuci darah, untuk itu Dinas Kesehatan tidak memberikan surat izin kepada keduanya.

"Ada dua yang gagal berangkat, karena mereka tidak memenuhi syarat, akan tetapi tempat mereka langsung diganti oleh orang lain," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:39 WIB

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau…

Ilustrasi Tambang Batu Bara PT Bukit Asam Tbk

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:34 WIB

Triwulan I 2024, PTBA Catat Pendapatan Sebesar Rp 9,4 Triliun

PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berhasil menjaga kinerja baik pada triwulan I 2024. Dalam 3 bulan pertama tahun 2024, Perseroan berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 9,4 triliun dan EBITDA sebesar…

Buttonscarves hadir di Istanbul Modest Fashion Week (IMFW)

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:27 WIB

Buttonscarves Hadir di Runway Istanbul Modest Fashion Week 2024

Tampil sebagai penutup Istanbul Modest Fashion Week 2024, Buttonscarves mencuri perhatian dengan menggandeng ikon global dan supermodel hijab pertama dunia yaitu, Halima Aden yang berhasil mendobrak…

Program literasi perdagangan komiditi yang digelar Didimax.

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:12 WIB

Tingkatkan Pemahaman Masyarakat, Didimax Kembali Gelar Program Literasi Perdagangan Komoditi

Didimax kembali menggelar literasi perdagangan komditi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang perdagagnan berjangka komoditi, khususnya di pasar komoditi emas dan forex.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Selasa, 07 Mei 2024 - 11:43 WIB

Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Turun Sebesar 1,91 Persen pada Maret 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada…