2.000 Buruh Pabrik Sepatu Karawang Terkena PHK

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 07 Juli 2018 - 14:53 WIB

Ilustrasi Industri alas kaki (Foto Ist)
Ilustrasi Industri alas kaki (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id -Karawang- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengatakan terdapat 2.000 buruh PT Dean Shoes yang memproduksi sepatu akan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), karena perusahaan itu mengalami permasalahan keuangan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat Suroto di Karawang, Jumat mengatakan pihaknya sudah mendapatkan surat resmi dari perusahaan yang akan melakukan PHK massal tersebut.

Pemberitahuan tentang PHK massal itu disampaikan Manager PT Dean Shoes, Andry Iman M melalui surat bernomor FIG3/AM/212/VI/2018 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnekertrans) Karawang Sesuai dengan surat tersebut, sebanyak 2000 dari 15.000 buruh PT Dean Shoes yang beralamat di Desa Mwkarjaya, Kecamatan Purwasari akan terkena PHK.

Alasan PHK yang disampaikan ialah, karena pabrik itu harus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, sehingga harus mengurangi jumlah karyawannya.

Menurut Suroto, hingga akhir Mei 2018 sudah ada beberapa perusahaan yang melakukah PHK. Jika diakumulasikan, jumlah buruh yang terkena PHK pada tahun ini sudah mencapai 11.000 ribu orang. Sementara pada 2017 tercatat 29.000 buruh yang di-PHK.

Suroto menduga PHK massal terjadi akibat perusahaan terlalu berat untuk membayar upah buruh yang memang termahal di Indonesia. Perusahaan yang dinilai paling berat merasakan dampak tingginya UMK Karawang adalah perusahaan yang bergerak di sektor sandang, kulit, dan tekstil (TSK). Namun ada juga beberapa perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

"Mereka berat membayar upah buruh, karena jumlah karyawan mereka memang sangat banyak," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTS

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:32 WIB

Asosiasi Energi Surya Indonesia Minta Regulasi PLTS Atap Memihak Kepada Masyarakat

Revisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 49/2018 belum juga selesai meski telah melewati pembahasan selama beberapa bulan.

Roman Forum, Roma, Italia (Foto: www.kolbehotelrome.com)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:30 WIB

Italia Hadirkan Video Game untuk Promosi Pariwisata dan Kebudayaan

Sebagai upaya untuk mempromosikan pariwsata, Kementerian Luar Negeri Italia (MFA Italia) telah memperkenalkan video game super menarik yang disebut, ITALY, Land of Wonders (ITALIA, Tanah Keajaiban).…

Bank Mandiri Genjot Perbankan Digital

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:00 WIB

Transaksi Cashless QRIS Meningkat Tinggi, Bank Mandiri Genjot Perbankan Digital

Transaksi keuangan digital terus bertumbuh seiring peningkatan aktivitas belanja online, perluasan pembayaran digital, dan pertumbuhan penggunaan digital banking. Bank Mandiri, yang berpengalaman…

Direktur Utama PT PLN, Zulkifli Zaini

Sabtu, 24 Juli 2021 - 14:48 WIB

Joss! Dirut PLN Zulkifli Zaini Raih Penghargaan CEO Terbaik dari The Iconomics

Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 “Employees’ Choice” kategori Electric Power yang diberikan oleh Iconomics Research and…

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 14:37 WIB

Berkat Manuver Inovatifnya, Dirut Pertamina Nicke Widyawati Diganjar Penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 “Employees’ Choice” yang diberikan oleh Iconomics Research and Consulting dalam…