2.000 Buruh Pabrik Sepatu Karawang Terkena PHK

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 07 Juli 2018 - 14:53 WIB

Ilustrasi Industri alas kaki (Foto Ist)
Ilustrasi Industri alas kaki (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id -Karawang- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengatakan terdapat 2.000 buruh PT Dean Shoes yang memproduksi sepatu akan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), karena perusahaan itu mengalami permasalahan keuangan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat Suroto di Karawang, Jumat mengatakan pihaknya sudah mendapatkan surat resmi dari perusahaan yang akan melakukan PHK massal tersebut.

Pemberitahuan tentang PHK massal itu disampaikan Manager PT Dean Shoes, Andry Iman M melalui surat bernomor FIG3/AM/212/VI/2018 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnekertrans) Karawang Sesuai dengan surat tersebut, sebanyak 2000 dari 15.000 buruh PT Dean Shoes yang beralamat di Desa Mwkarjaya, Kecamatan Purwasari akan terkena PHK.

Alasan PHK yang disampaikan ialah, karena pabrik itu harus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, sehingga harus mengurangi jumlah karyawannya.

Menurut Suroto, hingga akhir Mei 2018 sudah ada beberapa perusahaan yang melakukah PHK. Jika diakumulasikan, jumlah buruh yang terkena PHK pada tahun ini sudah mencapai 11.000 ribu orang. Sementara pada 2017 tercatat 29.000 buruh yang di-PHK.

Suroto menduga PHK massal terjadi akibat perusahaan terlalu berat untuk membayar upah buruh yang memang termahal di Indonesia. Perusahaan yang dinilai paling berat merasakan dampak tingginya UMK Karawang adalah perusahaan yang bergerak di sektor sandang, kulit, dan tekstil (TSK). Namun ada juga beberapa perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

"Mereka berat membayar upah buruh, karena jumlah karyawan mereka memang sangat banyak," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 13:15 WIB

Perang Dagang AS-China Tak Berdampak pada Laju Bisnis Indofood

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Wellirang menyebut tidak ada kekhawatiran terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani

Sabtu, 25 Mei 2019 - 12:05 WIB

Ini Harapan Kadin untuk Pemerintah Lima Tahun Kedepan

Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan sejumlah harapan kepada pemerintah untuk lima tahun mendatang.

PGV Hadirkan Talk show Memilih Sekolah Bareng Kak Seto Sekolah Dekat Rumah Untungkan Orangtua & Anak

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:46 WIB

Lingkungan Baik dan Nyaman, Sekolah Dekat Dengan Hunian Jadi Pilihan

Menjelang tahun ajaran baru merupakan periode sibuk bagi para orangtua yang memiliki anak usia sekolah. Terutama bagi mereka yang baru pertama memasukan si buah hati ke tingkat pendidikan dasar.…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:40 WIB

BNI Bersama BNI Syariah Berkontribusi di Halal Park BUMN Bandara Soetta

Jakarta - BNI bersama BNI Syariah kembali berkontribusi maksimal untuk mendorong halal ekosistem. Setelah sebelumnya berpartisipasi di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK), hari ini, Kamis (23/5),…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 25 Mei 2019 - 11:24 WIB

Payout Ratio 90%, Telkom Bagikan Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Tahun Buku 2018 yang dilaksanakan di Jakarta pada Jumat (24/5), menyetujui pembagian dividen…