Buka Kongres AGII ke-10, Menperin Minta Pelaku Usaha Efektif dan Efisien Manfaatkan Bahan Baku untuk Kemaslahan Manusia

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Juli 2018 - 09:22 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka Kongres AGII ke-10 di Surabaya, Jawa Timur
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka Kongres AGII ke-10 di Surabaya, Jawa Timur

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) kembali melaksanakan kongres ke-10 dan Seminar Teknik yang secara reami dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Jawa Timur (5/7/2018).

Dalam sambutannya Airlangga mengatakan, saat ini eranya adalah digital. Untuk itu, kuncinya adalah sumber daya manusia (SDM) dan Inovasi. Pemerintah tengah menyiapkan insentif berupa super deductable tax bagi industri yang melakukan litbang dan desain (RD&D).

"Industri gas bahan bakunya sangat melimpah, karena langsung diberi oleh Tuhan YME. Untuk itu, kita harus bisa memanfaatkannya secara efektif dan efisien untuk kemaslahan manusia," ujar Airlangga.

Disisi lain, Steering Committee AGII yang juga Founder and Chairman Samator Group Arief Harsono mengatakan, AGII tengah berupaya memperluas pasar hingga ke daerah mengingat tingkat penyerapan produk gas industri nasional belum maksimal.

"Kapasitas pabrik gas industri sejak 8 tahun terakhir ini mengalami pertumbuhan yang signifikan sampai 300%. Namun sayangnya peningkatan itu tidak diimbangi dengan pertumbuhan konsumsi oleh industri lainnya," ujar Arief.

Ditambahkan Arief, untuk meningkatkan konsumsi gas industri, pengusaha gas industri kerap mengalami banyak kendala. Salah satunya sulitnya perizinan membangun pabrik dan filling station sehingga membuat biaya ekonomi tinggi, hingga perpanjangan sertifikat Hak Guna Bangunan di atas HPL Kawasan Industri BUMN.

"Memang soal perizinan ini berbeda di tiap kota, ada yang sulit ada yang mudah. Ada contohnya anggota kami yang bangun pabrik di suatu daerah cuma sidang 2 jam selesai bahkan tidak ada biaya apapun. Kami berharap pemda-pemda lain melakukan hal itu," ujar Arief.

Menurutnya kendala tersebut bakal menjadi pertimbangan investor dalam menanamlan modalnya di Indonesia.

Sementara itu, Rachmat Harsono, Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk, menambahkan dalam kongres tersebut para anggota AGII akan menyusun rencana dalam memenuhi kebutuhan gas industri hingga ke pelosok misalnya gas oksigen untuk rumah sakit, hingga gas untuk sektor perikanan agar hasil laut memiliki nilai tambah.

"Selama ini pemenuhan gas industri kebanyakan di Jawa, tapi ini ada anggota kami yang sudah mulai masuk ke Papua, buka cabang di sana. Yang belum ada pabrik gas industri akan kita suplai dari sini," jelasnya.

Adapun, pada awalnya Kapasitas gas industri nasional sebesar 8,5 juta Nm3/tahun, lalu pada tahun 1994 berkembang menjadi 118 perusahaan dengan kapasitas produksi 296,3 juta Nm3/tahun. Hingga kini pada tahun 2018 terdapat 30 perusahaan dengab kapasitas 2,4 miliar Nm3/tahun atau meningkat dari 2010 yang hanya 900 juta Nm3/tahun. Dari total kapasitas produksi saat ini, penyerapan konsumsi gas industri masih sekitar 80%.

Gas industri dipergunakan dalam proses produksi manufaktur, seperti gas asitilen untuk mengelas dan gas argon untuk pembuatan titanium, gas oksigen untuk rumah sakit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…