Pupuk Indonesia Perkenalkan Angklung ke Negeri Sakura

Oleh : Hariyanto | Jumat, 22 Juni 2018 - 11:43 WIB

Pupuk Indonesia Perkenalkan Angklung ke Negeri Sakura
Pupuk Indonesia Perkenalkan Angklung ke Negeri Sakura

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Angklung sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia, lahir dari peradaban Sunda dan memiliki nilai filosofi yang sangat tinggi. Angklung mengajarkan manusia tentang pentingnya kerjasama, disiplin, tanggungjawab serta saling menghargai. 

Masyarakat Sunda kuno menggunakan angklung sebagai alat musik dalam kegiatan-kegiatan ritual dan pemujaan. Namun seiring dengan perkembangan jaman, angklung pun mulai populer digunakan dalam berbagai pementasan, terutama setelah Daeng Soetigna mengubah angklung dari alat musik pentatonic menjadi instrument diatonik sehingga dapat memainkan notasi musik barat dan modern. 

Tak heran bila banyak sekolah di Indonesia mulai memperkenalkan budaya angklung ini sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang cukup digemari generasi muda.

Salah satunya adalah Keluarga Paduan Angklung SMA Negeri 3, Bandung. Sejak didirikan tahun 1980, KPA 3 giat memperkenalkan angklung dalam berbagai event, baik nasional maupun internasional. 

Mereka pernah tampil sebagai juara dalam berbagai festival, serta turut mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang festival di luar negeri, mulai dari Polandia, Republik Czech, Austria dan juga Jepang. Mereka juga kerap menggelar konser-konser dalam rangka mempopulerkan angklung di mancanegara.  

Dalam rangka 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang, PT Pupuk Indonesia (Persero), turut membawa misi untuk lebih mempopulerkan angklung di dunia, khususnya di Jepang dengan memboyong Keluarga Paduan Angklung SMA 3 Bandung ini ke negeri Sakura. 

Hal ini merupakan wujud kepedulian Perusahaan terhadap pelestarian warisan budaya tanah air, sekaligus menjalankan misi mengharumkan budaya Indonesia di kancah internasional serta memenuhi undangan Kedutaan Besar RI di Jepang. 

Kelompok Angklung ini bertolak ke Jepang mulai tanggal 20 Juni 2018. Selama di Jepang, KPA 3 akan menggelar sejumlah pertunjukan di hadapan masyarakat Jepang. Penampilan pertama akan dilakukan di event Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang yang akan dilangsungkan di Ebisu Garden Place, Tokyo. 

Di ajang ini KPA 3 akan menjadi salah satu performer dengan menampilkan lagu-lagu tradisional nusantara, lagu populer serta lagu tradisional Jepang. Dari Tokyo, KPA kemudian akan mengunjungi Kota Wakayama untuk menggelar mini concert yang sudah disiapkan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka.  

Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk  Indonesia, Winardi, mengungkapkan bahwa pengiriman delegasi budaya ke Jepang ini merupakan salah satu bentuk dukungan Perusahaan terhadap upaya promosi budaya Indonesia ke mancanegara. 

“Selain memenuhi undangan dari KBRI Jepang, melalui pengiriman angklung ini kami berharap dapat makin memperkenalkan angklung kepada masyarakat Jepang. Disamping itu juga tentunya untuk mempererat persahabatan kedua Negara, ditambah lagi kami selaku produsen pupuk juga memiliki hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan Jepang”, demikian menurut Winardi. 

Perjanjian Perdamaian Jepang-Indonesia ditandatangani pada tanggal 20 Januari 1958 sebagai tanda dijalinnya hubungan diplomatik. Sebagai "mitra strategis", kedua negara selalu memperkuat kerja sama di berbagai bidang, tidak hanya ekonomi dan politik, namun juga sosial dan budaya. 

KBRI Jepang menyelenggarakan perayaan 60 tahun hubungan kerjasama diplomatik Indonesia-Jepang di 20 kota di Jepang dengan waktu sepanjang tahun 2018, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan awareness masyarakat Jepang tentang pentingnya hubungan kedua negara. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…