Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Basarnas (Dok Industry.co.id)
Basarnas (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Simalungun - Tim Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00 WIB.

Pencarian dimulai pukul 07.00 WIB dengan mengerahkan personel gabungan SAR, TNI, Brimob, BNPB, Polair berjumlah 200 orang dengan puluhan kapal termasuk milik warga mengitari luasnya danau.

Pada pukul 07.00 WIB, posko mendapat laporan dari warga adanya jasad mengapung di kawasan keramba jarung apung milik PT Japfa.

Tim melakukan evakuasi jasad berjenis kelamin perempuan yang diketahui bernama Fahriyanti (47) warga Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, setelah diidentifikasi tim DVI Polri yang berposko di RSUD Tuan Rondahaim Saragih, Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun.

Pukul 10.15 tim menemukan lagi jasad perempuan di kawasan Salbe memakai celana jeans kaos hitam dengan rambut pirang, dan sampai saat ini belum diketahui identitasnya.

Temuan lain berupa barang-barang yang diduga milik penumpang seperti satu helm, sandal, sepatu, tas kotak.

Basarnas dibantu beberapa kesatuan pada pukul 13.30 Wib menurunkan tim penyelam sebanyak 16 orang di koordinat titik tenggelamnya kapal, tetapi sampai batas waktu pukul 17.00 Wib, belum ada hasilnya.

Diketahui, KM Sinar Bangun berlayar dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tiga Ras Kabupaten Simalungun yang menjadi posko utama pada pukul 16.00 Wib.

Namun menjelang satu mil dari Pelabuhan Tiga Ras, kapal yang mengarungi Danau Toba dalam kondisi cuaca buruk, hujan dan angin kencang sehingga ombak diperkirakan setinggi dua meter, terbalik dan tenggelam.

Tidak diketahui manifes kapal, tetapi sampai hari ketiga sore, tercatat 192 nama dilaporkan pihak keluarga sebagai penumpang kapal tersebut dan belum ditemukan.

Sejauh ini tercatat tiga penumpang yang kesemuanya berjenis kelamin perempuan ditemukan meninggal, dan 18 selamat dari kecelakaan tersebut. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Senin, 27 Juni 2022 - 18:31 WIB

Pan Brothers Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

PT Pan Brothers Tbk (PBRX), produsen garmen yang menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) dan berkapasitas terpasang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, meningkatkan modal dasar perseroan…

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…