Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Basarnas (Dok Industry.co.id)
Basarnas (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Simalungun - Tim Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00 WIB.

Pencarian dimulai pukul 07.00 WIB dengan mengerahkan personel gabungan SAR, TNI, Brimob, BNPB, Polair berjumlah 200 orang dengan puluhan kapal termasuk milik warga mengitari luasnya danau.

Pada pukul 07.00 WIB, posko mendapat laporan dari warga adanya jasad mengapung di kawasan keramba jarung apung milik PT Japfa.

Tim melakukan evakuasi jasad berjenis kelamin perempuan yang diketahui bernama Fahriyanti (47) warga Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, setelah diidentifikasi tim DVI Polri yang berposko di RSUD Tuan Rondahaim Saragih, Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun.

Pukul 10.15 tim menemukan lagi jasad perempuan di kawasan Salbe memakai celana jeans kaos hitam dengan rambut pirang, dan sampai saat ini belum diketahui identitasnya.

Temuan lain berupa barang-barang yang diduga milik penumpang seperti satu helm, sandal, sepatu, tas kotak.

Basarnas dibantu beberapa kesatuan pada pukul 13.30 Wib menurunkan tim penyelam sebanyak 16 orang di koordinat titik tenggelamnya kapal, tetapi sampai batas waktu pukul 17.00 Wib, belum ada hasilnya.

Diketahui, KM Sinar Bangun berlayar dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tiga Ras Kabupaten Simalungun yang menjadi posko utama pada pukul 16.00 Wib.

Namun menjelang satu mil dari Pelabuhan Tiga Ras, kapal yang mengarungi Danau Toba dalam kondisi cuaca buruk, hujan dan angin kencang sehingga ombak diperkirakan setinggi dua meter, terbalik dan tenggelam.

Tidak diketahui manifes kapal, tetapi sampai hari ketiga sore, tercatat 192 nama dilaporkan pihak keluarga sebagai penumpang kapal tersebut dan belum ditemukan.

Sejauh ini tercatat tiga penumpang yang kesemuanya berjenis kelamin perempuan ditemukan meninggal, dan 18 selamat dari kecelakaan tersebut. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerbang Tol Pekanbaru

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:26 WIB

Sudah 99,07 Persen, Tol Pekanbaru-Dumai Siap Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri di Provinsi Riau

Saat ini progres fisik tol ini telah mencapai 99,07% dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat. Kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi riau…

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:15 WIB

Sukses di Basket dan Sepak Bola, Erick Thohir Calon Ketum PBSI?

Masa bakti ketua umum (ketum) Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2016-2020 Wiranto akan berakhir dan nama Erick Thohir muncul menjadi salah satu kandidat…

Kawasan Industri Kendal ,Jawa Tengah (jababeka)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Kawasan Industri Kendal Siap Menjadi Rumah Industri Manufaktur Dunia

Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal (KIK) Stanley Ang mengungkapkan bahwa pihaknya siap menerima investor yang akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Jokowi Kembali Kesal kepada Menterinya: Disuruh WFH Kok Malah Kaya Cuti

"Jangan sampai tiga bulan yang lalu kita menyampaikan bekerja dari rumah, work from home (WFH), yang saya lihat ini kayak cuti malahan. Padahal pada kondisi krisis, kita harusnya kerja lebih…

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:01 WIB

Makin 'Pede' Mandiri Syariah Raih Sertifikat ISO 9001: 2015

T Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperoleh sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 untuk layanan dan transaksi operasional perbankan meliputi sistem pembayaran BI-RTGS, SKNBI,…