Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Basarnas (Dok Industry.co.id)
Basarnas (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Simalungun - Tim Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00 WIB.

Pencarian dimulai pukul 07.00 WIB dengan mengerahkan personel gabungan SAR, TNI, Brimob, BNPB, Polair berjumlah 200 orang dengan puluhan kapal termasuk milik warga mengitari luasnya danau.

Pada pukul 07.00 WIB, posko mendapat laporan dari warga adanya jasad mengapung di kawasan keramba jarung apung milik PT Japfa.

Tim melakukan evakuasi jasad berjenis kelamin perempuan yang diketahui bernama Fahriyanti (47) warga Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, setelah diidentifikasi tim DVI Polri yang berposko di RSUD Tuan Rondahaim Saragih, Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun.

Pukul 10.15 tim menemukan lagi jasad perempuan di kawasan Salbe memakai celana jeans kaos hitam dengan rambut pirang, dan sampai saat ini belum diketahui identitasnya.

Temuan lain berupa barang-barang yang diduga milik penumpang seperti satu helm, sandal, sepatu, tas kotak.

Basarnas dibantu beberapa kesatuan pada pukul 13.30 Wib menurunkan tim penyelam sebanyak 16 orang di koordinat titik tenggelamnya kapal, tetapi sampai batas waktu pukul 17.00 Wib, belum ada hasilnya.

Diketahui, KM Sinar Bangun berlayar dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tiga Ras Kabupaten Simalungun yang menjadi posko utama pada pukul 16.00 Wib.

Namun menjelang satu mil dari Pelabuhan Tiga Ras, kapal yang mengarungi Danau Toba dalam kondisi cuaca buruk, hujan dan angin kencang sehingga ombak diperkirakan setinggi dua meter, terbalik dan tenggelam.

Tidak diketahui manifes kapal, tetapi sampai hari ketiga sore, tercatat 192 nama dilaporkan pihak keluarga sebagai penumpang kapal tersebut dan belum ditemukan.

Sejauh ini tercatat tiga penumpang yang kesemuanya berjenis kelamin perempuan ditemukan meninggal, dan 18 selamat dari kecelakaan tersebut. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kembalinya The Winner (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:00 WIB

Kembalinya The Winner Band

Meski industri musik belum menunjukan gairahnya, ini ditandai belum maraknya para musisi dan penyanyi meluncurkan karya-karyannya. Namun hal itu tidak membuat para musisi muda yang tergabung…

Konferensi pers RedDoorz buka peluang jelajahi Indonesia melalui program 'Tenaga Kerja Impian' di Jakarta, Kamis (22/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:12 WIB

Buka Peluang Jelajahi Indonesia Melalui Program 'Tenaga Kerja Impian'

Tiga orang terpilih akan berkesempatan menjelajahi Indonesia selama tiga bulan dan mewujudkan mimpi menjadi travel influencer.

First Media Luncurkan First Warriors (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:05 WIB

Siapkan Atlet eSport Handal, First Media Hadirkan First Warriors Berhadiah Total Rp1,3 Miliar

Dalam upayanya membangun ekosistem eSports, First Media bersama dengan para mitranya menyelenggarakan First Warriors melalui kompetisi di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya,…

Ilustrasi ekonomi.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:01 WIB

Desas-desus Tentang Stimulus Fiskal Menguat

Kekhawatiran resesi dunia meningkat menyusul perpindahan dana dari ekuitas ke obligasi.

Narada melakukan literasi keuangan terhadap anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:47 WIB

Cetak Duta Investasi dan Ibu Cerdas Keuangan

Kelas tersebut dihadiri oleh 73 anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.