Libur Lebaran, 50. 000 Wisatawan Kunjungi Candi Prambanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 20 Juni 2018 - 10:00 WIB

Candi Prambanan (Foto Ist)
Candi Prambanan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sleman- Puluhan ribu wisatawan tercatat mengunjungi objek wisata peninggalan sejarah budaya, Candi Prambanan, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Lebaran 2018.

"Sampai saat ini Candi Prambanan masih menjadi objek wisata favorit wisatawan selama libur Lebaran, tercatat lebih dari 50 ribu wisatawan berkunjuk sejak hari H hingga H+3 Lebaran," kata Kepala Unit Candi Prambanan, PT Taman Wisata Candi (TWC) Brobudur, Prambanan dan Ratu Boko Aryono, Selasa (19/6/2018)

Menurut dia, puncak kunjungan wisatawan diperkirakan terjadi pada H+3 atau Senin 18 Juni 2018 dengan jumlah pengunjung mencapai 30.400 wisatawan.

"Jika dibandingkan tahun lalu puncak kunjungan wisatawan juga terjadi pada H+3 dengan jumlah wisatawan mencapai sekitar 29.000," katanya.

Ia mengatakan, diperkirakan kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan masih akan tinggi hingga H+5 atau Rabu 20 Juni.

"Namun jumlah pengunjung per hari kemungkinan hanya berkisar pada angka 20.000 lebih sedikit," katanya.

Aryono mengatakan, pada libur Lebaran tahun ini pengunjung tercatat pada hari H sebanyak 7.000 lebih wisatawan, kemudian pada H+1 sebanyak 17.000 wisatawan dan pada H+2 sebanyak 27.000 wisatawan.

"Dengan demikian puncak kunjungan wisatawan sudah terjadi pada H+3 kemarin sebanyak 30.000 wisatawan lebih," katanya.

Ia mengatakan, untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada libur Lebaran tahun ini masih stabil di angka 350 hingga 400 orang per hari.

"Wisatawan manca rata-rata hanya sekitar 10 persen saja," katanya.

Ia mengatakan, banyak keunggulan wisatawan yang berkunjung ke lokasi candi tersebut. Pasalnya, wisatawan tidak hanya melihat-lihat candi sebagai warisan budaya tetapi juga ikut belajar memahami sejarah bangsa.

"Banyak inspirasi yang muncul, mulai dari mempelajari estetika arsitektur candi yang luar biasa, arkeologi hingga cerita relife. Semua bisa dipelajari wisatawan," katanya.

Selain itu, kata dia, pengelola juga menghadirkan hiburan-hiburan tambahan bagi pengunjung untuk lebih semaraknya objek wisata Candi Prambanan.

"Saat di pintu masuk pengunjung sudah bisa menikmati `kampung dolanan anak`, kemudian setiap pergantian shift juga ada kirab `bergodo` dan juga panggung hiburan seperti kesenian jathilan dan pentas musik band," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia