Ecommerce JD.com Dapat Suntikan Triliunan Rupiah dari Google

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 19 Juni 2018 - 11:56 WIB

Google akan menginvestasikan dananya senilai US$550 juta atau Rp 7,7 triliun ke pusat bisnis niaga elektronik China, JD.com.
Google akan menginvestasikan dananya senilai US$550 juta atau Rp 7,7 triliun ke pusat bisnis niaga elektronik China, JD.com.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Google akan menginvestasikan dananya senilai US$550 juta atau Rp 7,7 triliun ke pusat bisnis niaga elektronik China, JD.com. Ini merupakan bagian dari raksasa internet AS itu dalam memperluas kehadirannya di pasar Asia.

Rencana investasi yang diumumkan Senin (18/6/2018) waktu setempat tersebut digambarkan sebagai salah satu bagian kemitraan kedua perusahaan. Termasuk, promosi produk-produk JD.com pada layanan belanja Google. Hal ini juga akan membantu JD.com berkembang di luar basisnya di Cina dan Asia Tenggara. Serta, membangun kehadiran yang berarti di pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Saham JD.com yang tercatat di Nasdaq meningkat 2,5 persen pada Senin pagi setelah pengumuman investasi. Saat ini, harga sahamnya senilai US$44,68.

Investor JD.com salah satunya adalah raksasa media sosial Tencent Holdings Ltd. Perusahaan ini merupakan saingan berat pemimpin pasar e-commerce Cina, Alibaba Group Holding Ltd.

"Mengingat Walmart juga memiliki hubungan dengan JD.com, saya melihat investasi ini sebagai pengetatan lebih lanjut dari aliansi Google/Walmart yang membangun kekuatan ketiga dalam e-commerce setelah Amazon dan Alibaba," kata analis Atlantic Equities, James Cordwell.

Google tengah meningkatkan investasinya di wilayah Asia, di mana kelas menengah tengah berkembang sangat pesat sementara infrastruktur di bidang ritel masih minim. Baru-baru ini, Google membeli saham Go-Jek dan seorang sumber menyebutkan Google juga tengah mengusahakan investasi di e-commerce India, Flipkart.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tecno Spark 20 Pro+

Senin, 20 Mei 2024 - 19:15 WIB

Raih Muse Award 2024, Ini 5 Keunggulan Tecno Spark 20 Pro+

Fitur-fitur unggul yang disematkan ke Tecno Spark 20 Pro+ membuatnya menjadi smartphone 2 Jutaan Game Changer yang dapat membantu para pengguna merasakan pengalaman baru dengan deretan fitur…

Pan Pacific Jakarta, luxury hotel tertinggi di Jakarta.

Senin, 20 Mei 2024 - 18:16 WIB

Pan Pacific Jakarta Segera Diresmikan. Ini Keunggulan dan Kemewahannya

Terletak di lantai 71 hingga 90, Luminary Tower Thamrin Nine yang ikonik, Pan Pacific Jakarta hadirkan kenyamanan tinggi bagi setiap tamunya yang ingin menginap di pusat bisnis Indonesia.

Terima Masukan Stakeholder, BGR Logistik Indonesia Jalankan Langkah ini untuk Jaga Kualitas Layanan Pendistribusian Bantuan Pangan Stunting

Senin, 20 Mei 2024 - 17:43 WIB

Selalu Menerima Masukan Stakeholder, BGR Logistik Indonesia Jalankan Langkah ini untuk Jaga Kualitas Layanan Pendistribusian Bantuan Pangan Stunting

Bandung - Penyaluran bantuan pangan penanganan stunting saat ini tengah digulirkan pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan ID FOOD sebagai operator penyaluran di 7 provinsi.

Peluncuran Omne

Senin, 20 Mei 2024 - 17:12 WIB

Permudah Nasabah Kelola Polis Asuransi, FWD Insurance Luncurkan Aplikasi Omne

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) sebagai perusahaan asuransi jiwa berbasis digital yang berfokus pada nasabah di Indonesia meluncurkan Omne by FWD (Omne), sebuah aplikasi yang memungkinkan…

Umana Bali Resort

Senin, 20 Mei 2024 - 16:29 WIB

Umana Bali, Resort di Ungasan yang Masuk Daftar Hotel Baru Terbaik Travel + Leisure

Sebuah resor yang terletak di lokasi paling selatan Bali, Umana Bali, LXR Hotels & Resorts berhasil masuk ke dua kategori yang disusun Travel + Leisure. Pertama, Umana Bali menjadi salah satu…