Perang Dagang Bakal Ancam Pertumbuhan Ekonomi Global ke Depan

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 19 Juni 2018 - 12:00 WIB

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Washington, USA – Ketika memberikan respon terhadap pertemuan dua hari para pemimpin negara-negara G7 di Kanada, Christine Lagarde, Managing Director International Monetary Fund (IMF) mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi global ke depan semakin menghadapi tantangan besar.

Christine mengungkapkan hal itu dengan merujuk ke sejumlah negara yang dominan meluncurkan ancaman perang dagang. Dalam pertemuan tersebut, Presiden AS Donald Trump dinilai mengejutkan rekan-rekannya dengan kebijakan yang mengerucut pada perang dagang.

“Awan gelap yang kita khawatirkan sejak 6 bulan lalu kian membayangi perekonomian global,” ujar Christine.

Kendati tidak menyebutkan nama, Christine menilai salah satu pemimpin negara bersikap tidak menghiraukan kepentingan negara lain selama pertemuan G7. Sebutan tersebut diduga ditujukan pada Donald Trump.

Beberapa saat setelah meninggalkan KTT G7 untuk menuju Singapura, Trump mengunggah cuitan yang menyatakan AS menarik diri dari pernyataan bersama G7 dan menuduh Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau sebagai sosok yang lemah dan tidak jujur.

Lobi negara G7 lain yang meminta AS melonggarkan tarif untuk impor baja dan aluminium pun gagal. Trump justru menantang pemimpin G7 lain untuk menghilangkan hambatan perdagangan, tarif, dan program subsidi.

Trump juga seolah ancaman untuk menghentikan perdagangan dengan negara-negara tersebut secara total.

Sebelumnya, Roberto Azevedo, Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), menyebut iklim perang dagang tersebut berpotensi menyebabkan kerusakan parah pada ekonomi dunia.

Menurut Robert, kondisi itu mengancam stabilitas perdagangan global yang telah dirintis pemimpin dunia sejak krisis finansial beberapa waktu lalu. “Kita harus segera menghentikan ketegangan ini,” imbuh Azevedo. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Press Conference Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 13:53 WIB

Perkuat Manajemen Rantai Pasok, SKK Migas Gelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Dalam rangka mencapai visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030, SKK Migas kembali menggelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit…

3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona

Senin, 06 Mei 2024 - 13:21 WIB

Selamat Tinggal Bibir Kering! Ini 3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona

Jakarta-Bibir kering, pecah-pecah, dan gelap sangat rentan terjadi pada seseorang. Kondisi ini tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menjadi masalah kesehatan. Bibir kering terkadang…

JARVIS 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 13:13 WIB

Resmikan JARVIS 2024, Menperin Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri

Kementerian Perindustrian menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan industri…

Bupati Kendal Dico M Ganinduto

Senin, 06 Mei 2024 - 13:00 WIB

REQComm Rilis Cagub Paling Dibicarakan di Medsos dan Media Online, Dico Teratas!

Konsultan Strategic Digital Communicatuon REQComm, Mulyono menerbitkan hasil bedah popularitas dan penentuan calon Gubernur Jateng di media sosial dan media online, berdasarkan analisa digital…

Pol Perabot Online Sabet Penghargaan Pahlawan Lokal Lifestyle dari TikTok

Senin, 06 Mei 2024 - 12:55 WIB

Pol Perabot Online Sabet Penghargaan Pahlawan Lokal Lifestyle dari TikTok

Pol Perabot online menyambut baik tuntasnya integrasi antara TikTok Shop dan Tokopedia. Integrasi kedua platform digital tersebut akan membawa tren belanja baru bagi konsumen tanah air.