Menperin Optimis Setelah Libur Lebaran, Produktivitas Bisa Dikejar

Oleh : Ridwan | Sabtu, 16 Juni 2018 - 08:30 WIB

Menperin Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengakui produktivitas industri akan turun akibat dari libur panjang Idul Fitri yang lebih lama dari biasanya.

“Kemarin kan transportasi barang dibatasi, ditambah liburan tentu produktivitas bulan ini pasti turun. Tapi kan bisa dikejar di kuartal III,” kata Airlangga, pada acara halal bi halal di kediamannya di Jakarta, Jumat (15/6/2018)

Pada sisi lain, libur panjang akan membawa dampak positif terhadap industri makanan dan minuman,  serta industri pariwisata. “Tekstil juga akan meningkat. Terlebih akan ada Pemilu, industri printing itu akan meningkat juga,” ujar Airlangga.

Sekjen Kementerian Perindustrian, Haris Munandar, menambahkan, industri alas kaki juga akan tumbuh positif saat Lebaran.

“Pokoknya fashion itu bagus. Hanya saja kalau libur panjang ini pasokan untuk ekspornya yang agak terganggu,” kata dia.

Kendati demikian, dia yakin setiap industri memiliki caranya sendiri untuk mengatasi pemenuhan produk dalam negeri maupun ekspor. “Pasti mereka punya cara untuk mengantisipasi ini. Tapi ya kalau bisa liburnya jangan terlalu panjang ya,” kata dia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vaccine with a View di Yogyakarta (Dok: Kemenparekraf)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 19:00 WIB

3 Destinasi Wisata di Yogyakarta Gelar 'Vaccine with a View'

Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19, pemerintah Indonesia semakin gencar mencanangkan program vaksinasi. Berbagai ide kreatif pun dilakukan agar semua masyarakat semakin banyak mengikuti…

Menperin Agus Gumiwang

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:22 WIB

Menperin Agus Pastikan Industri Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat di Masa PPKM Darurat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memastikan perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri (KI) tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sesuai dengan kebijakan…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:00 WIB

Kebijakan Robert Alberts Soal Program Latihan Mandiri di Masa Perpanjangan PPKM

Pelatih PERSIB, Robert Alberts mengaku kesulitan dalam memantau pemainnya selama aktivitas latihan bersama diliburkan. Ia pun memberikan keleluasaan pemain untuk menakar kebutuhan latihan secara…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:50 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Menperin Agus 'Gercep' Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan,…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.