Temui Menperin Airlangga, Ketum ASMINDO Lapor Perkembangan Industri Kerajinan di Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 Juni 2018 - 14:25 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat berbincang bersama Ketua Umum Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) Anggoro Radmadiputro
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat berbincang bersama Ketua Umum Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) Anggoro Radmadiputro

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Ketua Umum Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) Anggoro Radmadiputro di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Panggah Susanto serta Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Edy Sutopo. 

"Dalam kunjungannya kali ini, mereka melaporkan perkembangan industri mebel dan  kerajinan di Indonesia," kata Airlangga. 

Ia menambahkan, saat ini, Kemenperin melalui Balai Diklat Industri Yogyakarta bekerjasama dengan ASMINDO berkomitmen untuk meningkatkan kualitas standarisasi tenaga kerja industri mebel nasional. 

"Salah satunya melalui Diklat 3 in 1," ujar Menperin Airlangga. 

Seperti dimetahui, Kementerian Perindustrian terus memacu daya saing industri kerajinan nasional agar semakin kompetitif di kancah global. Pasalnya, produk unggulan kriya dari Indonesia cukup banyak diminati oleh konsumen mancanengara jika dilihat dari data nilai ekspor yang dihasilkan tahun 2017 sebesar USD776 juta, lebih tinggi dibanding capaian tahun sebelumnya di angka USD747 juta. 

Menurut Menperin, para pelaku industri kerajinan nasional perlu memperhatikan beberapa hal penting agar produknya dapat memiliki nilai jual yang tinggi, di antaranya adalah mengikuti selera pasar saat ini, menerapkan standardisasi, serta penguatan di aspek kemasan dan merek. 

"Sedangkan, dalam upaya memasuki era revolusi industri 4.0, harus memanfaatkan platform digital," ungkapnya.

Oleh karena itu, Kemenperin telah mengajak para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) nasional supaya ikut serta dalam program e-Smart IKM. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan perluasan pasar bagi produk IKM lokal hingga mampu menembus pintu ekspor. 

"Kami telah melaksanakan workshop e-Smart IKM di beberapa daerah dengan menggandeng marketplace dalam negeri," jelas Airlangga.

Menperin menilai, kekuatan industri kerajinan nasional terletak pada sumber bahan baku lokal yang melimpah dengan didukung oleh keragaman corak dan desain, terutama yang berciri khas Nusantara. 

"Selain itu, para pengrajin kita tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan memiliki keterampilan yang andal di bidang masing-masing," imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.