UI Masuk 300 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia

Oleh : Anisa Triyuli | Sabtu, 09 Juni 2018 - 14:41 WIB

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

INDUSTRY.co.id - Depok- Universitas Indonesia (UI) berhasil masuk dalam 300 besar perguruan tinggi terbaik di dunia, bersama dua perguruan tinggi lain di Asia yaitu National Yang-Ming University di Taipei dan Beijing Normal University di Beijing.

"Penilaian perguruan tinggi utama dunia itu berdasarkan pemeringkatan 'Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking' tahun 2018/2019", kata Rektor UI Prof Muhammad Anis di kampus UI Depok, Kamis (7/6/2018)

Dikatakan, dari tahun ke tahun terus berupaya membawa UI menjadi lokomotif pendidikan bangsa yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi terbaik lainnya di dalam peta pendidikan internasional.

Hasil pemeringkatan menjadi bukti bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah direkognisi dunia dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya dari negara di Asia, Australia maupun Eropa.

Pemeringkatan QS World University Ranking kali ini dilakukan terhadap 1.233 Perguruan Tinggi di 151 negara di dunia yang dirilis pada Rabu (6/6) melalui situs https://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2019 UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 7 tahun berturut-turut menurut hasil publikasi tahunan QS University Ranking.

QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Anis kepada awak media mengatakan salah satu upaya yang UI lakukan adalah dengan pemenuhan indikator yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan bergengsi dunia ini.

Pemeringkatan ini menegaskan kembali akan expertise UI sebagai universitas terbaik Bangsa pada bidang Sosial Humaniora, Kesehatan dan Sains Teknologi.

Lebih lanjut Anis menambahkan pada 2018 kami gencar melakukan peningkatan kualitas serta kuantitas riset dan pengabdian masyarakat. Selain itu, kami ingin meningkatkan peran serta sivitas akademika UI di dalam menjawab permasalahan masyarakat melalui penelitian mutakhir dan inovatif.

Dikatakannya pencapaian UI merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademika UI. Pada perhitungan yang dilakukan oleh tim QS, tahun ini UI mengalami peningkatan signifikan pada performa "International Faculty".

Indikator ini menunjukkan peningkatan jumlah dosen asing dan peneliti asing yang turut serta menjadi tenaga pendidik mahasiswa UI. Tercatat saat ini UI memiliki 617 dosen dan peneliti asing yang didominasi dari Australia, Filipina, Jepang dan Malaysia.

Peningkatan performa berikutnya terlihat pada indikator "Employer Reputation". Indikator ini menunjukkan peningkatakan kepuasan para pimpinan perusahaan terhadap kinerja lulusan UI di perusahaan mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…