Pentingnya Program Asuransi Sebelum Mudik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 Juni 2018 - 10:45 WIB

Ilustrasi Asuransi (bisnisasuransiindo.com)
Ilustrasi Asuransi (bisnisasuransiindo.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komisaris Independen PT Central Asia Financial (CAF) Theodorus Wiryawan menyarankan masyarakat untuk mementingkan ikut program asuransi sebelum berangkat mudik berlebaran karena selalu ada risiko kecelakaan, sakit, dan kriminalitas selama dan setelah perjalanan.

"Ada risiko yang harus dipertimbangkan selama mudik atau berlibur mulai dari kecelakaan, penyakit, bahkan menjadi korban kejahatan. Namun kenyataannya masih terbatas masyarakat yang peduli terhadap risiko ini," kata Theodorus di Jakarta, Jumat (8/6/2018)

Menurut dia, seharusnya perusahaan penyelenggara angkutan umum, bus misalnya, mengasuransikan penumpang, atau perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan mudik gratis seharusnya juga mengasuransikan seluruh pesertanya.

Theodorus menyarankan agar masyarakat dapat membeli, asuransi instan yang dapat diperoleh dengan cepat, terjangkau, serta jangka waktu yang dapat disesuaikan sesuai masa liburan serta prosedur klaimnya juga mudah.

Theodorus mengakui kesadaran masyarakat berasuransi di Indonesia masih rendah seperti saat THR cair, misalnya, masih sedikit yang secara sadar membelanjakan uang ke produk asuransi sebagai bekal mudik. Sebagian besar justru menghabiskan uang untuk membeli baju, biaya mudik, ponsel, dan lainnya.

Menurut data Korlantas Polri 2017, terdapat 3.168 kecelakaan dengan korban meninggal dunia mencapai 742 orang. Dari sisi kesehatan, penyakit yang paling sering diderita pasc-Lebaran salah satunya adalah typhus (demam thypoid).  Kemudian saat bepergian ke luar negeri seperti, pelancong juga harus mengantisipasi penyakit endemik di negara tujuan.

CEO PT CAF, Yuda Wirawan mengatakan, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik maupun berlibur ke luar negeri,  bisa memanfaatkan produk asuransi yang ditawarkan CAF melalui saluran digital, misalnya, produk Jagadiri.

Yuda mengatakan, Jagadiri sebagai salah satu penyedia jasa asuransi jiwa turut mendukung program sosialiasi mudik aman berasuransin.

"Kami punya produk Jaga Liburan, Jaga Sehat Tropis, dan Jaga Aman Instan yang dapat diperoleh dengan cepat, mudah secara online dan tanpa beban," ujar dia.

Menurut Yuda, tiga produk asuransi Jagadiri ini sangat relevan dan cocok bagi pemudik karena memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan kepada nasabah selama mudik dan libur Lebaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 07:00 WIB

Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada yang Terpilih Sebagai Presiden

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari menegaskan, sebenarnya sebelum perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, belum ada yang terpilih sebagai Presiden…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 06:26 WIB

Pemblokiran Jurdil2019.org Ciderai Demokrasi

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kemenkominfo dan Bawaslu dinilai telah menciderai demokrasi, karena prosesnya tanpa peringatan terlebih dahulu. Telebih lagi, amanah UU mewajibkan pemerintah…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 23 April 2019 - 06:12 WIB

Kebijakan Fiskal Pemerintah yang Pruden Mendukung Pencapaian Target Pembangunan APBN 2019

Jakarta - Pelaksanaan APBN 2019 sampai dengan 31 Maret berjalan aman sesuai dengan kebijakan fiskal Pemerintah yang akan mendukung pencapaian target pembangunan APBN 2019. Hal ini disampaikan…

Diskusi hari bumi bersama BNI Syariah

Selasa, 23 April 2019 - 05:54 WIB

BNI Syariah Dukung UMKM Lakukan Green Activity

Jakarta - Dalam mendukung program Pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan Green Banking, BNI Syariah berupaya untuk mendorong pengusaha UMKM dalam menerapkan green activity.…

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…