Presiden Jokowi Ingatkan Ulama Indonesia Negara Muslim Terbanyak

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 Juni 2018 - 18:30 WIB

Presiden Jokowi (Foto Setkab)
Presiden Jokowi (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Karawang- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kalangan ulama kalau Indonesia merupakan negara muslim terbanyak yang dikenal dengan persatuan dan kerukunannya.

"Indonesia ini memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Ini yang sering kita lupakan. Indonesia yang memiliki penduduk terbesar ini dihargai oleh dunia, karena persatuan dan kerukunannya," kata presiden disela silaturahmi bersama ulama dan tokoh masyarakat di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah III, Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jabar, Rabu (6/6/2018)

Ia mengaku merasa heran karena hampir setiap tahun momentum demokrasi pemilihan bupati/wali kota, pemilihan gubernur bahkan hingga pemilihan presiden, selalu menjadi momentum untuk memecah belah persatuan bangsa.

"Kita memiliki penduduk 263 juta jiwa, ada 17 ribu pulau, ada 714 suku. Ini potensi dan kekayaan bangsa Indonesia, anugerah dari Allah," kata dia.

Tetapi sangat disayangkan anugerah tersebut terpecah belah saat digelar Pemilihan Bupati/Wali Kota, Pemilihan Gubernur, bahkan Pemilihan Presiden.

Pentas demokrasi setiap tahun sering memecah belah, ada yang tidak saling sapa antarkampung, ada yang tidak sapa saudarannya, hanya gara-gara pilihan yang berbeda -beda. Itu dinilai merugikan, karena sebenarnya bangsa Indonesia menjunjung tinggi persatuan dan kerukunan.

Menurut dia, demokrasi itu harusnya tetap menjadi pemersatu negara, bukan pemecah.

"Silakan pilih siapa saja, pilih yang baik terbaik. Sudah itu tolong rukun lagi, setiap lima tahun itu ada terus (pesta demokrasi)," kata dia.

Menurut Jokowi, penghargaan kerukunan muslim Indonesia ini terbukti, ketika Presiden melakukan kunjungan dan kerjasama bilateral dengan negara Timur Tengah dan Asia Selatan.

Ia menceritakan, ketika itu Presiden melakukan kunjungan ke Arab Saudi. Ia merasa kaget ketika Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud langsung menjemputnya dipintu pesawat.

Menurut Jokowi, itu merupakan hal yang tak biasa. Raja Salman mengaku jika ia sangat menghargai Indonesia, karena negara yang memiliki umat muslim terbesar di dunia yang begitu memiliki persatuan.

Hal serupa juga ketika melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab. Saat itu presiden UEA, Sheikh Mohammed menjemputnya langsung dan menjadi sopir Jokowi menuju istananya.

"Jangan sampai bangsa kita ini begitu dihargai di luar, tetapi pecah di dalamnya. Negara muslim di dunia sangat begitu memberikan penghargaan kepada kita, " katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…