Presiden Jokowi: Pesta Demokrasi Jangan Retakkan Persatuan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 01 Juni 2018 - 08:00 WIB

Presiden Jokowi (Foto Setkab)
Presiden Jokowi (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bekasi- Presiden Joko Widodo mengingatkan pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali tidak sampai menimbulkan keretakan persatuan bangsa.

"Dalam pesta demokrasi, pilihan politik berbeda tidak apa-apa, tapi jangan sampai meretakkan hubungan kita sebagai saudara sebangsa se-Tanah Air," kata Presiden Jokowi dalam acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Kota Bekasi, Kamis (31/5/2018)

Presiden mengingatkan pilkada wali kota, bupati, gubernur dan presiden tidak menjadikan masyarakat terpecah pecah.

"Biaya terlalu besar, rugi besar kita kalau seperti itu," kata Kepala Negara.

Di hadapan ribuan penerima sertifikat tanah, Presiden ingin menyadarkan semuanya bahwa Indonesia merupakan negara besar. Indonesia memiliki 263 juta penduduk yang tersebar di 17 ribu pulau. Jumlah itu jauh lebih besar dari Malaysia yang penduduknya 24 juta.

"Kita ini sebuah negara besar. Masih ada plus, selain besar kita ini majemuk, berbeda beda, beragam. Kita memiliki 714 suku. Singapura hanya empat. Coba dibayangkan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta masyarakat memilih pemimpin yang terbaik saat pesta demokrasi.

"Silahkan pilih pemimpin yang paling baik. Setelah itu kembali bersatu, jangan mau dikompor-kompori sehingga sama tetangga nggk saling sapa, dengan teman nggak saling sapa, antarkampung nggak saling rukun, gara-gara dikompori ini dan itu," ujarnya.

Jokowi meminta masyarakat menggunakan akal jernih sehingga tidak mudah dikompor-kompori oleh politisi.

"Sekarang kita dilihat bangsa lain sebagau bangsa yang sangat rukun, bangsa yang sangat santun, ramah. Jangan sampai karena pilihan politik kita menjadi tidak rukun. Kita bisa selalu rukun dalam bingkai NKRI, karena kita memilki Pancasila," kata Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.