Lima Pabrik di Mukomuko Beli Sawit Murah

Oleh : Hariyanto | Rabu, 30 Mei 2018 - 13:43 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Mukomuko- Sebanyak lima pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini membeli tandan buah segar kelapa sawit petani setempat dengan harga lebih murah dibandingkan sebelumnya.

"Lima pabrik CPO yang membeli sawit petani setempat dengan harga murah, yakni PT SSJA, PT S3, PT USM, PT MMIL, dan PT BMK," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Selasa (29/5/2018)

Ia menjelaskan, lima pabrik CPO ini membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga murah diduga karena pengaruh penurunan harga minyak mentah dunia.

Ia menyebutkan, pabrik CPO PT SSJA membeli sawit petani setempat dengan harga sebesar Rp1.230 per kilogram, turun dibandingkan sebelumnya sebesar Rp1.250 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik CPO PT S3 membeli tandan buah segar kelapa sawit petani dengan harga sebesar 1.290 per kg, turun dibandingkan sebelumnya sebesar Rp1.310 per kg.

Lalu pabrik CPO PT BMK membeli sawit petani dengan harga Rp1.380 per kg, menurun dibandingkan harga sebelumnya sebesar Rp1.400 per kg, pabrik PT USM sebesar Rp1.420 per kg, PT MMIL sebesar Rp1.290 per kg.

Harga sawit di empat pabrik CPO di daerah itu sejak tiga pekan terakhir masih bertahan, yakni Pabrik CPO PT. KSM membeli TBS kelapa sawit sebesar Rp1.290 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik PT SAP sebesar Rp1.310 per kg, harga sawit di PT AMK sebesar Rp1.295 per kg, harga sawit di pabrik PT DDP di Kecamatan Ipuh dan di Desa Lubuk Bento masing-masing sebesar Rp1.300 per kg.

Ia menyatakan, harga sawit di pabrik CPO di daerah itu lebih rendah dibandingkan dengan harga sawit yang ditetapkan oleh tim perumus harga komoditi perkebunan sebesar Rp1.328 per kilogram.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerbang Tol Pekanbaru

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:26 WIB

Sudah 99,07 Persen, Tol Pekanbaru-Dumai Siap Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri di Provinsi Riau

Saat ini progres fisik tol ini telah mencapai 99,07% dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat. Kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi riau…

Escavator di lahan rawa

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:20 WIB

Enggak Bakalan Kelaparan, Lumbung Pangan Digalakkan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung titik-titik lokasi lahan rawa pengembangan food estate atau lumbung pangan dan saluran primer induk…

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:15 WIB

Sukses di Basket dan Sepak Bola, Erick Thohir Calon Ketum PBSI?

Masa bakti ketua umum (ketum) Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2016-2020 Wiranto akan berakhir dan nama Erick Thohir muncul menjadi salah satu kandidat…

Kawasan Industri Kendal ,Jawa Tengah (jababeka)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Kawasan Industri Kendal Siap Menjadi Rumah Industri Manufaktur Dunia

Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal (KIK) Stanley Ang mengungkapkan bahwa pihaknya siap menerima investor yang akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Jokowi Kembali Kesal kepada Menterinya: Disuruh WFH Kok Malah Kaya Cuti

"Jangan sampai tiga bulan yang lalu kita menyampaikan bekerja dari rumah, work from home (WFH), yang saya lihat ini kayak cuti malahan. Padahal pada kondisi krisis, kita harusnya kerja lebih…