Bandara Adisutjipto Tambah Penerbangan Sambut Lebaran

Oleh : Dina Astria | Selasa, 29 Mei 2018 - 13:30 WIB

Angkasa Pura I
Angkasa Pura I

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta menambah frekuensi penerbangan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

"Kami siapkan 'extra flight' (tambahan penerbangan) untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," kata General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama di sela acara pertemuan media di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan mengingat pada 11 hingga 24 Juni 2018 tidak ada penerbangan pesawat latih TNI AU Adisutjipto karena mengikuti jadwal libur nasional, maka pada periode itu PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) Bandara Adisutjipto membuka 80 slot penerbangan tambahan yang dapat diisi oleh maskapai.

Menurut Agus, terdapat tujuh maskapai yang telah siap menambah penerbangan mulai 1 hingga 30 Juni 2018 yaitu Citilink, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Ekspress Air, Air Asia dengan tujuan Jakarta, Makassar, Banjarmasin, Lampung, Pangkalpinang, Pontianak, dan Pekanbaru.

Dari 44 penerbangan tambahan yang diajukan oleh maskapai, menurut dia, baru 33 penerbangan tambahan yang telah mendapatkan persetujuan untuk melengkapi fasilitas layanan penerbangan pada saat Lebaran.

Selain itu untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, PT AP I Bandara Adisutjipto juga menambah area ruang tunggu di Terminal A yang siap digunakan sebelum puncak arus Lebaran 2018.

Penambahan luas ruang area tunggu baru di bandara itu, menurut dia, mencapai 220 meter persegi dengan kapasitas 250 tempat duduk tambahan serta dilengkapi dengan satu "boarding gate" tambahan serta toilet dan musholla. Sedangkan untuk ruang tunggu eksisting di Terminal A dilakukan perluasan musholla dengan tambahan luas 140 meter persegi, menjadi 690 meter persegi.

"Saya sudah ultimatum teman-teman pokoknya tanggal 10 (Juni) harus sudah operasional," kata dia.

Agus memprediksikan lonjakan penumpang di Bandara Adisujipto pada puncak arus mudik Lebaran 2018 mencapai 28.000 penumpang per hari atau naik 11 persen dari jumlah penumpang pada lebaran tahun lalu. "Sedangkan untuk arus balik, lonjakan penumpang diprediksikan lebih tinggi yaitu mencapai 30.000 penumpang per hari," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:45 WIB

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Dalam rangka menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:30 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan III hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar laksanakan latihan reseksi dan interseksi yang berlokasi di Jampang Tengah,…

Prajurit Korps Marinir Latihan Menembak Malam

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:15 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Menembak Malam

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan II hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar melaksanakan menembak malam hari yang berlokasi di Jampang Tengah, Sukabumi,…

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).