Rudiantara: Transparansi Pelayanan Publik Batang Sudah Bagus

Oleh : Herry Barus | Minggu, 20 Mei 2018 - 18:30 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Batang- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan bahwa transparansi pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Batang, sudah terbangun dengan bagus sehingga masyarakat tinggal memanfaatkan layanan itu.

"Goverment bagus, transparansi bagus. Akan tetapi hal itu perlu dikembalikan lagi pada publik apakah mereka dapat mengakses (layanan, red.) melalui internet atau tidak karena sekarang masih menggunakan webbase," katanya di Batang, Jawa Tengah, Minggu (20/5/2018)

Kendati demikian, Menteri Kominfo menyarankan Pemkab Batang, nantinya lebih baik mengembangkan layanan tersebut dengan menggunakan akses aplikasi mobile sehingga masyarakat Batang setiap saat tahu terkait dengan keterbukaan pelayanan publik itu.

Ia mengatakan secara umum masalah keterbukaan pelayanan publik harus dimulai dengan memperbaiki cara pelayanan yang baik pada masyarakat.

"Jadi, (pemkab) tidak fokusnya untuk membeli komputer, beli server, dan beli teknologi, itu belakangan. Akan tetapi, yang terpenting adalah bagaimana cara mempersingkat birokrasi pelayanan pada masyarakat," katanya.

Menurut dia, pemimpin daerah harus memiliki kebijakan tegas dalam menentukan pembelian barang dan jasa agar pemkab tidak dirugikan.

"Saya melihat masih banyak kepala daerah yang dalam menentukan kebijakan pembelian barang justru yang diuntungkan adalah vendor. Vendor hanya berpikir yang penting komputer atau barang yang dijualnya laku," katanya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan dirinya berterima kasih terhadap masukan-masukan positif oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait dalam pengembangan transparansi pelayanan publik untuk kearah yang lebih baik lagi.

Pada kesempatan itu, Wihaji juga memaparkan potensi yang dimiliki pemkab seperti objek wisata, hasil perkebunan, kerajinan daerah, dan potensi pelabuhan niaga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…